Upgrade Ethereum Pectra: Kemajuan Penting dan Perubahan yang akan Datang!

Updated
August 12, 2024
Gambar Upgrade Ethereum Pectra: Kemajuan Penting dan Perubahan yang akan Datang!

Jakarta, Pintu News – Pada 8 Agustus 2024, pengembang inti Ethereum berkumpul untuk pertemuan All Core Developers Consensus (ACDC) ke-139, yang berfokus pada pembaruan terbaru terkait upgrade Ethereum Pectra.

Dalam pertemuan yang dipimpin oleh peneliti dari Ethereum Foundation, Alex Stokes, berbagai topik dibahas, termasuk stabilitas jaringan, perkembangan jaringan, dan peningkatan signifikan pada lapisan konsensus Beacon Chain.

Kemajuan dan Tantangan Utama Pectra Devnet 2

Salah satu sorotan utama dalam diskusi tersebut adalah stabilitas Pectra Devnet 2. Menurut  Engineer Operasi Pengembang Barnabas Busa, sejauh ini telah mencatat tingkat partisipasi jaringan yang mengesankan sebesar 85%.

Baca juga: Vitalik Buterin Pindahkan 3.000 ETH Senilai $8 Juta: Donasi atau Realokasi Internal?

Peneliti Ethereum Foundation Hsiao Wei Wang mengumumkan rilis alpha.4 yang akan datang dari spesifikasi lapisan konsensus Pectra, mengatasi beberapa bug yang diidentifikasi pada klien lapisan eksekusi (EL).

Terlepas dari kemajuan ini, bagaimanapun, tantangan tetap ada. Terlebih lagi, dengan klien EthereumJS dan Erigon, yang saat ini mengalami kesulitan teknis.

Lebih lanjut, Buba juga mengangkat beberapa masalah kecil tentang klien Prysm, dengan menyebutkan bahwa mereka mungkin membutuhkan perhatian lebih dalam.

Sedangkan, Parithosh Jayanthi menyampaikan masalah yang sedang berlangsung dengan node Lighthouse, Teku, dan Besu kepada sesama pengembang.

Koordinasi yang Lebih Baik untuk Pengembangan Masa Depan

Pertemuan ini juga membahas masalah komunikasi yang terjadi selama peluncuran Devnet 2, yang berdampak pada kesadaran Prysm terhadap startup jaringan.

Untuk mencegah masalah serupa, para pengembang memutuskan untuk mengadakan pertemuan mingguan untuk membahas pembaruan pengujian Pectra. Pertemuan ini akan diadakan setiap Senin dan akan meningkatkan koordinasi di antara tim klien, memastikan semua orang tetap terinformasi tentang perkembangan terkait PeerDAS dan EOF.

Ke depan, Devnet 3 diharapkan memiliki pengaturan yang mirip dengan Devnet 2, meskipun mungkin ada beberapa perubahan yang akan memengaruhi desain revisi EIP 7702.

Selain itu, masalah dengan EIP 7251 di Devnet 2 yang melibatkan konsolidasi saldo deposit validator juga diangkat, dan masalah ini sedang diatasi untuk divalidasi lebih lanjut di devnet yang akan datang.

Baca juga: Arus Masuk ETF Ethereum Capai $105 Juta, Harga ETH Siap Melambung ke $3000?

Perubahan yang Diharapkan dan Komitmen untuk Inovasi

Pertemuan ini juga mencakup berbagai topik lainnya, mulai dari transisi dari protokol Mplex ke multiplexer yamux yang baru hingga perdebatan tentang apakah akan memasukkan EIP 7688 dalam upgrade Pectra.

Di akhir pertemuan, pengembang Prysm, “Potuz,” mendesak agar perubahan yang diusulkan pada struktur payload eksekusi segera ditinjau untuk memungkinkan pembaruan yang memadai pada spesifikasi lapisan konsensus.

Diskusi dan pengembangan yang sedang berlangsung ini menyoroti komitmen Ethereum untuk terus meningkatkan dan berinovasi dalam infrastruktur jaringannya.

Secara keseluruhan, upgrade Pectra adalah langkah penting dalam perjalanan Ethereum untuk mempertahankan posisinya sebagai salah satu platform blockchain terkemuka di dunia.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Crypto Economy

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->