Uniswap Capai Pendapatan Front-End $50 Juta: Apakah ini Awal dari Era Baru DeFi?

Updated
August 14, 2024
Gambar Uniswap Capai Pendapatan Front-End $50 Juta: Apakah ini Awal dari Era Baru DeFi?

Jakarta, Pintu News – Kurang dari satu tahun setelah memberlakukan biaya 0,15% untuk transaksi pengguna, Uniswap Labs telah melihat biaya front-end kumulatifnya melampaui angka $50.000.000.

Dibandingkan dengan $3,7 juta yang tercatat pada tanggal 1 Januari 2024, biaya kumulatif saat ini di atas $50,6 juta adalah peningkatan tiga belas kali lipat dari tahun ke tahun

Uniswap Mengungguli DEX Lainnya

Oktober lalu, Uniswap Labs membatasi biaya 0,15% untuk transaksi pengguna pada interface web dan aplikasi dompetnya. Ini menjadi sumber pendapatan lain, terutama karena semua biaya yang terkumpul langsung masuk ke Uniswap Labs.

Baca juga: Sejarah dan Harga Awal Shiba Inu (SHIB), Ini yang Perlu Kamu Ketahui!

Namun, hanya butuh waktu singkat sebelum protokol mengubah biaya.

Pada bulan April, Uniswap Labs meningkatkan biaya dari 0,15% menjadi 0,25%, yang berkontribusi pada lonjakan yang terlihat hari ini. Yang perlu diperhatikan, pengguna dapat menghindari pembayaran biaya front-end dengan memanfaatkan layanan agregator DEX seperti 1inch, Cowswap, dan Paraswap.

Hasil biaya front-end kumulatif ini semakin menggarisbawahi posisi protokol sebagai Decentralized Exchange (DEX) terkemuka. Saat ini, Uniswap menempati peringkat tertinggi di antara DEX lainnya dalam hal volume, menyumbang hampir sepertiga dari keseluruhan volume DEX bulan lalu.

Uniswap Menampung $54 Miliar pada Juli 2024

Menurut data on-chain, Uniswap menampung $54 miliar dari total $154 miliar volume swap pada bulan Juli.

Bahkan dengan peringkat 1inch sebagai agregator DEX yang paling banyak digunakan, 1inch hanya mengambil 19,8% dari aktivitas DEX di bulan Juli, sementara Uniswap mencatat 25,7%.

Perlu dicatat bahwa persentase ini diukur dalam hal pangsa aktivitas bulanan yang dihasilkan oleh frontend DEX.

Secara khusus, aktivitas DEX ini tidak secara langsung memengaruhi harga token UNI. Pada saat artikel ini ditulis (14/8/24), token UNI tengah diperdagangkan pada $6.32, naik 1,26% dalam 24 jam terakhir.

Baca juga: Melalui Sebuah Voting, Komunitas Lido Menyetujui Integrasi stETH ke BNB Chain!

Uniswap Memegang $36,81 Juta dalam Bentuk Uang Tunai dan Stablecoin

Sumber: Uniswap

Awal bulan ini, Uniswap Foundation meluncurkan ringkasan keuangannya untuk kuartal kedua, mengungkapkan banyak uang tunai dan stablecoin dan tidak banyak token UNI.

Laporan tersebut mengungkapkan bahwa yayasan Uniswap memiliki $36,81 juta dalam bentuk tunai dan stablecoin, di samping cadangan 680.000 token UNI. Cadangan uang tunai dan stablecoin ini diperuntukkan bagi pemberian hibah dan tujuan operasional, sedangkan token UNI dialokasikan untuk insentif karyawan.

Foundation ini mengharapkan dana ini untuk mendukung kegiatannya hingga akhir 2025, dengan $26,12 juta diperuntukkan bagi hibah dan $10,69 juta untuk biaya operasional.

Selama kuartal kedua, Uniswap Foundation menyetujui lebih dari $3,2 juta hibah baru dan mendistribusikan hampir $2,5 juta dari hibah yang telah diberikan sebelumnya.

Sementara itu, biaya operasional yayasan untuk kuartal tersebut mencapai $1,6 juta, dengan 8,2% ditujukan untuk periklanan dan pemasaran, 47,9% untuk penggajian, dan 35,2% untuk biaya profesional.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->