BlackRock Siap Ungguli Satoshi Nakamoto, ETF Bitcoin IBIT Bakal Kuasai Pasar?

Updated
August 14, 2024
Gambar BlackRock Siap Ungguli Satoshi Nakamoto, ETF Bitcoin IBIT Bakal Kuasai Pasar?

Jakarta, Pintu News ā€“ Sejak kemunculannya di bulan Januari, ETF Bitcoin di Amerika Serikat telah menggemparkan dunia finansial. Di antara semuanya, BlackRockā€™s $IBIT menjadi yang paling populer dan diprediksi akan menyalip pencipta Bitcoin, Satoshi Nakamoto, dalam daftar pemegang Bitcoin terbanyak di dunia sebelum akhir tahun 2025. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Arus Masuk Mengalahkan Arus Keluar

Meskipun sempat mengalami hari-hari merah, termasuk minggu lalu ketika ETF mengalami arus keluar bersih lebih dari $100 juta selama tiga hari berturut-turut, arus masuk ke ETF, terutama untuk $IBIT, terus berlanjut. Hal ini menunjukkan minat yang stabil untuk mengakumulasi Bitcoin melalui ETF.

Sebuah daftar yang diposting oleh Shaun Edmondson menunjukkan bahwa per Senin, kepemilikan gabungan ETF Bitcoin spot AS ā€“ tidak termasuk Grayscaleā€™s GBTC ā€“ mencapai 909.700.

Baca Juga: Game Telegram TapSwap Tambah Mode City Builder yang Terkait Airdrop Token TON!

Bisakah $IBIT Mengalahkan Satoshi?

Analis senior ETF Bloomberg, Eric Balchunas, memposting ulang daftar tersebut, mengatakan bahwa dia tidak menyadari sebelumnya bahwa ETF Bitcoin AS ā€œsedang dalam jalur untuk melampaui Satoshi dalam kepemilikan Bitcoin pada bulan Oktober.ā€

Menurut daftar Edmondson, Nakamoto, pencipta anonim cryptocurrency terbesar di dunia berdasarkan nilai pasar, memegang 1,1 juta Bitcoin. Raksasa pertukaran kripto Binance berada di urutan kedua dengan lebih dari 550.000 Bitcoin.

Baca Juga: Huawei Siap Luncurkan Chip AI ā€˜Ascend 910Cā€™ untuk Menantang Nvidia di China!

Terakhir, raksasa investasi BlackRock berada di posisi ketiga, dengan 347.767 Bitcoin yang dipegang.

Bagi Balchunas, yang telah melacak aktivitas ETF Bitcoin dan ETF non-kripto lainnya selama bertahun-tahun, BlackRock sekarang ā€œsedang dalam jalur untuk menjadi #1 akhir tahun depan.ā€ Dia melanjutkan dengan memproyeksikan bahwa BlackRock dapat mempertahankan posisi teratasnya ā€œuntuk waktu yang sangat lama.ā€

Reaksi Pengguna Kripto

Ada reaksi beragam di antara pengguna kripto di X atas daftar tersebut. Beberapa menunjukkan bahwa tidak ada bukti yang jelas bahwa Nakamoto benar-benar memegang satu juta Bitcoin.

Pertukaran derivatif kripto BitMEX setuju bahwa ada penambang dominan yang menambang mungkin hingga 700.000 Bitcoin sendirian, tetapi tidak yakin apakah itu pencipta mata uang digital tersebut.

Influencer kripto Kris Kay percaya Nakamoto memegang ā€œlebih banyakā€ Bitcoin, mencatat bahwa tidak ada cara untuk melacak dompet yang dia gunakan untuk menambang dalam dua hingga tiga tahun pertama sejak kelahiran koin tersebut.

Baca Juga: Bitcoin Dominance (BTC.D) Melemah ke Angka 57,33%, Altcoin Siap Ambil Alih?

Seorang pengguna mengatakan kepemilikan Bitcoin BlackRock mengalahkan ā€œseluruh tujuan ā€˜desentralisasi,'ā€ alasan utama mengapa banyak orang telah meninggalkan kapal dan merangkul cryptocurrency. Pengguna lain berbagi kekhawatiran yang sama, mengatakan bahwa akumulasi Bitcoin melalui ETF dapat membuat aset digital ā€œsemakin terpusat dari waktu ke waktu.ā€

Bagi Spencer Hakimian, pendiri Tolou Capital Management, daftar tersebut hanya membuktikan bagaimana memiliki Bitcoin melalui ETF adalah ā€œpengubah permainan,ā€ mengingat keengganan pedagang institusional untuk memegang aset di bursa.

BlackRock HODL

blackrock crypto
Sumber: Plasbit

Prediksi Balchunas muncul setelah kejatuhan pasar keuangan yang luas awal bulan ini yang membuat harga Bitcoin dan kripto jatuh. Pada satu titik, aset digital terdesentralisasi pertama di dunia jatuh ke $49.000, memicu likuidasi ratusan juta di seluruh papan kripto.

Pemimpin analitik blockchain Arkham Intelligence mengungkapkan bahwa BlackRock, MicroStrategy, Grayscale, dan Fidelity semuanya HODL selama kejatuhan pasar. Menariknya, keempat pemegang Bitcoin ā€œtangan berlianā€ tersebut berada di daftar 11 pemegang Bitcoin terbesar di dunia versi Edmondson.

Kesimpulan

Dengan arus masuk yang stabil dan prediksi untuk melampaui Satoshi Nakamoto dalam kepemilikan Bitcoin, BlackRockā€™s $IBIT tampaknya siap untuk menguasai pasar ETF Bitcoin. Namun, masih harus dilihat apakah ETF dapat benar-benar mencapai tujuan desentralisasi Bitcoin.

Ikuti kami diĀ Google NewsĀ untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputarĀ crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->