Orbiter Finance: Jembatan Lintas Rantai yang Aman dan Efisien untuk Ethereum!

Updated
August 14, 2024
Gambar Orbiter Finance: Jembatan Lintas Rantai yang Aman dan Efisien untuk Ethereum!

Jakarta, Pintu News – Orbiter Finance adalah jembatan lintas rantai terdesentralisasi yang aman, hemat gas, dan efisien yang menggunakan teknologi bukti nol pengetahuan ZK-rollup untuk melindungi privasi pengguna.

Semua protokol berjalan di mainnet, memanfaatkan keamanan jaringan Ethereum Layer1 untuk mencapai operasi yang efisien dan aman.

Selain itu, Orbiter Finance juga menggunakan teknologi bukti rekursif zk-SNARK untuk meningkatkan interoperabilitas dan skalabilitas Ethereum.

Orbiter Finance mempertahankan sinkronisasi real-time antara Rollup dan mainnet sambil meningkatkan interoperabilitas Ethereum, dan menggunakan teknologi zk untuk mengurangi biaya Gas.

Baca juga: Kemitraan Strategis: Hedera dan Copper Perluas Akses Institusional ke Token HBAR!

Pendanaan dan Dukungan Orbiter Finance

Sumber: Gate Learn

Orbiter Finance menerima putaran pendanaan pertamanya pada tahun 2022 dari institusi seperti Tiger Global, Matrixport, A&T Capital, StarkWare, Cobo, Mask Network, dengan total 3,2 juta USD.

Pada tahun 2023, mereka menyelesaikan pendanaan Seri A, yang dipimpin oleh OKX Ventures, dengan partisipasi dari Redpoint China, Hash Global, Skyland Ventures, dan lainnya. Lebih lanjut, Orbiter Finance secara resmi menyatakan bahwa Vitalik Buterin telah menyumbangkan 16 ETH kepada mereka.

Menurut data resmi, Orbiter Finance sudah mendukung 19 jaringan, termasuk Ethereum, Arbitrum, Polygon, Optimism, zkSync Era, BSC, Arbitrum Nova, Polygon zkEVM, Scroll, Base, Linea, dan Mantle.

Mereka memiliki lebih dari 3 juta pengguna, dan telah memproses 12 juta transaksi, dengan total volume transaksi 960 juta USD. Pada tahun 2023, total TVL mencapai titik tertinggi sepanjang sejarah sebesar 14,8 miliar USD untuk sepanjang tahun.

Mekanisme Operasi Orbiter Finance

Ada dua peran di Orbiter Finance: Pengirim dan Pembuat. Ketika pengirim memulai transfer, pembuat menyediakan likuiditas untuk mereka. Smart contract menjamin keamanan proses ini.

Jika Pembuat berperilaku buruk dan transfer gagal, Pengirim dapat menggunakan deposit Pembuat untuk memulai permintaan arbitrase dengan kontrak dan mendapatkan kompensasi berlebih.

Baca juga: Kejutkan Pasar! Whale Solana Lanjutkan Aksi Jual Besar-Besaran Hingga Mencapai Rp1,3 Triliun

Tiga smart contract dalam sistem Orbiter saat ini:

  • Kontrak Deposit (MDC): Kontrak ini menyimpan deposit Pembuat dan memastikan bahwa Pembuat memiliki cukup dana untuk menyelesaikan transfer.
  • Kontrak Jembatan (EBC): Kontrak ini bertanggung jawab untuk memindahkan token antara Rollup dan mainnet.
  • Kontrak Tujuan Khusus (SPV): Kontrak ini digunakan untuk menyelesaikan sengketa antara Pengirim dan Pembuat.

Orbiter Rollup: Mesin Akselerator Ethereum

Membangun kesuksesan Orbiter Bridge, Orbiter Finance meningkatkannya menjadi mesin akselerator Ethereum berdasarkan teknologi ZK, yang meningkatkan kinerja Layer2 sekaligus mengurangi konsumsi gas.

Peluncuran Orbiter Rollup oleh Orbiter Finance membantu skalabilitas mainnet Ethereum. Pengguna dapat mentransfer aset dan data di semua jaringan Layer2 hanya dengan satu klik pada antarmuka.

Orbiter Rollup berjalan sebagai zkEVM, mereplikasi lingkungan Ethereum dan sepenuhnya kompatibel dengan ekosistem Ethereum. Ini juga memastikan migrasi yang mulus, hemat biaya, dan efisien dari smart contract EVM, alat pengembang, dan DApp yang ada.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Biztech Africa

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->