ParaSwap Luncurkan Protokol Berbasis Intent untuk Cegah Serangan MEV: Inovasi Baru di Dunia DeFi

Updated
August 20, 2024
Gambar ParaSwap Luncurkan Protokol Berbasis Intent untuk Cegah Serangan MEV: Inovasi Baru di Dunia DeFi

Jakarta, Pintu News ā€“ ParaSwap, salah satu agregator likuiditas terkemuka di dunia DeFi, baru saja meluncurkan protokol baru berbasis intent yang dirancang untuk melawan serangan Miner Extractable Value (MEV) yang telah menyebabkan kerugian jutaan dolar dalam transaksi kripto setiap hari.

Serangan MEV Raup $17 Miliar Selama 30 Hari

ā€œMEVā€ mengacu pada ā€œmaximal extractable value,ā€ di mana validator menggunakan kemampuan mereka untuk mengontrol urutan, inklusi, dan eksekusi transaksi onchain untuk mengambil keuntungan dari pengguna.

Baca juga: Bank Italia Banca Sella Tawarkan Layanan Perdagangan Bitcoin kepada 1,3 Juta Pelanggan!

Keuntungan dari serangan MEV populer selama 30 hari. Sumber: EigenPhi

Menurut data dari platform data EigenPhi, para penyerang telah meraup hampir $17 miliar selama 30 hari terakhir dari serangan populer seperti transaksi sandwich.

ā€œMEV telah merugikan pengguna miliaran dolar, berkontribusi pada pengalaman pengguna yang menurun dan membuat protokol menjadi kurang efisien di DeFi,ā€ kata Mounir Benchemled, pendiri ParaSwap

ParaSwap Kembangkan Model Protokol Berbasis Intent

Pada awal tahun 2024, tim ParaSwap mulai mengembangkan model perdagangan berbasis intent mereka untuk menawarkan perlindungan terhadap MEV.

Menurut Benchemled, protokol ini memungkinkan pengguna untuk mendefinisikan ā€œniatā€ perdagangan mereka, daripada mengekspos transaksi mentah ke mempools.

Boom keuangan terdesentralisasi pada tahun 2021 membuat ekstraksi MEV menjadi sangat menguntungkan. Beberapa protokol, seperti Uniswap, menjadi target utama bot, sehingga menimbulkan kekhawatiran tentang kemungkinan penyalahgunaan pasar.

Niat trader saat melakukan transaksi bahkan bisa mengurangi kemungkinan tanggung jawab terkait manipulasi pasar di beberapa yurisdiksi, meskipun hal ini tidak menghentikan penambang dan validator dari mencoba mengambil keuntungan dari serangan.

Baca juga: Gas Fee Ethereum Turun ke Level Terendah dalam 5 Tahun, Apa Penyebabnya?

ā€œKehadiran MEV tidak hanya mempengaruhi transaksi individu, tetapi juga keadilan, aksesibilitas, dan desentralisasi keseluruhan ekosistem DeFi, menjadikannya salah satu masalah paling mendesak yang perlu diatasi,ā€ tegas Benchemled.

ParaSwap Perkenalkan Protokol Delta

Protokol Delta milik ParaSwap bertujuan untuk mengatasi masalah ini dengan mengajukan perdagangan yang diinginkan dalam tiga langkah. Prosesnya dimulai dengan pra-pemrosesan, di mana intent (niat) pengguna ā€” seperti rentang harga ā€” didefinisikan.

Intent ini kemudian diajukan ke dalam lelang di mana agen AI bersaing untuk mengusulkan strategi eksekusi yang paling efisien, dengan mempertimbangkan faktor seperti likuiditas dan waktu. Agen yang menang akan mengeksekusi perdagangan melalui modul Portikus Swap, sesuai dengan niat pengguna dan meminimalkan risiko eksploitasi MEV.

Aggregator likuiditas lainnya, seperti 0x, juga secara aktif mengembangkan strategi mitigasi untuk serangan MEV, seperti menggabungkan transaksi menjadi satu batch untuk mengurangi peluang serangan dan mekanisme yang memprioritaskan transaksi berdasarkan kriteria lain selain keuntungan, termasuk prioritas waktu dan distribusi ruang blok yang adil.

Mengutip laporan Cointelegraph, dashboard ParaSwap melaporkan lebih dari $76 miliar transaksi seumur hidup yang dilakukan melalui protokol sejak 2019.

Peta jalan tim mencakup perluasan dukungan untuk lebih banyak chain dan strategi otomatis, serta agen yang digerakkan oleh AI.

Ikuti kami diĀ Google NewsĀ untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputarĀ crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->