Powell Isyaratkan Pemotongan Suku Bunga, Pasar Kripto Menghijau Puluhan Persen (24/8/24)!

Updated
August 24, 2024
Gambar Powell Isyaratkan Pemotongan Suku Bunga, Pasar Kripto Menghijau Puluhan Persen (24/8/24)!

Jakarta, Pintu News – Pada 23 Agustus 2024, Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengisyaratkan kemungkinan pemotongan suku bunga selama pidatonya di Simposium Jackson Hole, yang menyebabkan lonjakan di pasar keuangan, terutama pada aset kripto seperti Bitcoin dan Ethereum.

Powell menyatakan bahwa bank sentral sedang mempertimbangkan untuk menyesuaikan kebijakan moneternya seiring melambatnya inflasi dan melemahnya pasar tenaga kerja. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Dampak pada Pasar Kripto

Setelah pernyataan Powell, harga Bitcoin melonjak mencapai $63.591, mengalami peningkatan 5,51% dalam 24 jam terakhir. Ethereum juga mengalami lonjakan harga, mencapai $2.750,38.

Isyarat pemotongan suku bunga ini tidak hanya mendorong harga kripto tetapi juga menurunkan imbal hasil Treasury AS dan melemahkan dolar ke level terendah dalam 14 bulan, yang biasanya memperkuat nilai Bitcoin.

Baca Juga: DOGS Coin ($DOGS) Bakal Listing di Bybit pada 26 Agustus 2024!

Potensi Pemotongan Suku Bunga

fed target rate
Probabilitas suku bunga target Fed. Sumber: CME Group

Powell menjelaskan bahwa waktu dan laju pemotongan suku bunga akan bergantung pada data ekonomi yang masuk dan perkembangan kondisi ekonomi. Ia juga menyoroti pentingnya menjaga pasar tenaga kerja yang kuat sambil melanjutkan kemajuan dalam stabilisasi harga.

Saat ini, alat CME FedWatch menunjukkan peluang 63,5% untuk pemotongan suku bunga sebesar 25 basis poin pada bulan September, meskipun ada ekspektasi bahwa Fed mungkin memotong hingga 100 basis poin sebelum akhir tahun.

Baca Juga: Rekomendasi Crypto Hari Ini (24/8): 5 Crypto Naik Puluhan Persen, Nomor 1 Melonjak 46%!

Reaksi Pasar dan Prospek Kedepan

Pernyataan Powell mencerminkan perubahan fokus Fed dari inflasi menuju stabilitas ekonomi yang lebih luas, termasuk pasar tenaga kerja.

Dengan inflasi yang mulai mendekati target 2% Fed, meskipun belum mencapai target sepenuhnya, pasar kini memperkirakan bahwa Fed akan mulai memangkas suku bunga pada bulan September. Namun, Powell tidak memberikan rincian pasti kapan pemotongan akan dimulai.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->