Pasar Stablecoin Meroket ke Level Tertinggi, Capai Kapitalisasi Pasar $168 Miliar!

Updated
August 27, 2024
Gambar Pasar Stablecoin Meroket ke Level Tertinggi, Capai Kapitalisasi Pasar $168 Miliar!

Jakarta, Pintu News – Baru-baru ini, kapitalisasi pasar stablecoin telah mencapai titik tertinggi baru sebesar $168 miliar setelah 11 bulan pertumbuhan berturut-turut.

Data dari DefiLlama menunjukkan bahwa total kapitalisasi pasar stablecoin berada pada titik tertinggi sepanjang masa, melampaui puncak sebelumnya pada Maret 2022. Simak lebih lanjut, yuk!

Kapitalisasi Pasar Stablecoin Menyentuh Titik Tertinggi Baru

market cap stablecoin melonjak
Sumber: DeiLlama

Data terbaru dari DefiLlama menunjukkan bahwa total kapitalisasi pasar stablecoin berada di titik tertinggi yang pernah ada, melampaui puncaknya pada Maret 2022.

Baca juga: Siap-siap! Harga Ethereum Diprediksi Bisa Mengalahkan Bitcoin dalam 5 Tahun Mendatang

Data tersebut tidak termasuk stablecoin algoritmik, yang nilainya dipertahankan melalui mekanisme algoritmik dan tidak dipatok ke aset eksternal seperti fiat atau emas.

Pasar mencapai titik tertinggi sepanjang masa sebesar $167 miliar pada Maret 2022, tetapi segera jatuh setelahnya, turun menjadi $135 miliar sebelum akhir tahun itu.

Tanggapan Analis Kripto

Analis kripto Patrick Scott, yang juga dikenal sebagai “Dynamo DeFi”, mengatakan dalam postingan X bahwa menurutnya ini adalah pertanda bahwa “Uang baru memasuki kripto.”

“Dan begitu saja, kita berada di level tertinggi baru sepanjang masa. Total kapitalisasi pasar stablecoin, tidak termasuk kandang algoritmik, sekarang berada di titik tertinggi yang pernah ada, melampaui titik tertinggi sebelumnya dari awal 2022, “ katanya.

Meskipun dia tidak berspekulasi tentang apa yang menyebabkan kenaikan tersebut, dia mencatat, “Ritel telah ada dalam beberapa bentuk selama setidaknya delapan bulan,” ketika ditanya oleh pengguna lain apakah investasi institusional berada di balik reli tersebut.

Tether (USDT) Memimpin Pasar Stablecoin

market cap stablecoin usdt dan usdc
Sumber: BlockBank

Mengutip laporan Cointelegraph, yang memimpin kelompok stablecoin adalah Tether . Segera setelah tahun baru dimulai, USDT memiliki kapitalisasi pasar sebesar $91,69 miliar.

Sepanjang tahun 2024, Tether telah mencatatkan kenaikan bulanan yang stabil, mencapai lebih dari $117 miliar dalam kapitalisasi pasar untuk pertama kalinya pada bulan Agustus.

Baca juga: Tether Amankan $108 Juta USDT dari Aktivitas Kriminal Selama Satu Dekade, Apa yang Terjadi?

Selanjutnya, Circle USD Coin juga mengalami kenaikan selama setahun, mencapai kapitalisasi pasar lebih dari $34 miliar, titik tertingginya untuk tahun 2024, tetapi masih jauh dari titik tertinggi sepanjang masa sebesar $55,8 miliar pada Juni 2022.

Volume Perdagangan Stablecoin Menurun 8,35%

volume trading stablecoin menurun
Sumber: CCData

Sementara itu, menurut laporan CCData, volume perdagangan stablecoin turun 8,35% menjadi $795 miliar pada bulan Juli karena aktivitas perdagangan yang lebih rendah di bursa terpusat.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa Peraturan Pasar Aset Kripto, yang telah menimbulkan kekhawatiran tentang masa depan USDT di Eropa, sebagai faktor yang berkontribusi terhadap penurunan aktivitas perdagangan stablecoin di bursa terpusat sepanjang Juli.

Tren ini terus berlanjut hingga bulan Agustus, dengan volume perdagangan pasar saat ini berada di atas $46 miliar, menurut CoinMarketCap.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->