CZ, Pendiri Binance, Siap Dibebaskan dari Penjara pada 29 September 2024

Updated
September 17, 2024
Gambar CZ, Pendiri Binance, Siap Dibebaskan dari Penjara pada 29 September 2024

Jakarta, Pintu News – Changpeng Zhao, yang lebih dikenal sebagai CZ, pendiri Binance, akan segera dibebaskan dari penjara pada 29 September 2023. Setelah menjalani hukuman empat bulan karena tuduhan gagal menerapkan kebijakan anti-pencucian uang (AML) yang efektif, CZ akan bebas dari Long Beach Residential Reentry Management (RRM).

Latar Belakang Kasus

CZ dijatuhi hukuman empat bulan penjara oleh Hakim Distrik AS, Richard Jones, pada 30 April 2023, di Seattle. Hukuman ini terkait dengan kegagalan Binance dalam menerapkan kerangka kerja anti pencucian uang yang memadai, yang diduga menjadikan platform ini rentan terhadap aktivitas kriminal dan teroris. Pengadilan memutuskan bahwa Binance tidak memenuhi standar yang diperlukan untuk melindungi sistem keuangan global dari aktivitas pencucian uang.

Kasus ini berawal dari penyelidikan yang dilakukan oleh Departemen Kehakiman AS (DOJ), yang memeriksa aktivitas Zhao dan Binance. Sebagai bagian dari penyelesaian hukum, CZ membayar denda sebesar Rp769,2 miliar (sekitar $50 juta) pada November 2023 dan mundur dari posisinya sebagai CEO Binance untuk mengakhiri penyelidikan yang berlangsung bertahun-tahun. Selain itu, Binance juga dikenakan denda tambahan sebesar Rp66,1 triliun (sekitar $4,3 miliar).

Baca Juga: Miliaran Token Gratis! Hamster Kombat Luncurkan Token HMSTR, Simak Cara Dapatkannya!

Proses Hukuman dan Pembebasan

cz binance
Sumber: Rolling Stone

Meskipun jaksa menuntut hukuman penjara selama tiga tahun, hakim akhirnya memutuskan hukuman yang jauh lebih ringan. Pengacara CZ sebenarnya mengajukan permohonan untuk masa percobaan, namun permintaan tersebut ditolak oleh pengadilan. CZ mulai menjalani hukuman di Federal Correctional Institution Lompoc, sebuah lembaga pemasyarakatan berkeamanan rendah yang terletak di California. Pada 22 Agustus, lokasi CZ dipindahkan ke Long Beach RRM, di mana ia akan menyelesaikan sisa masa tahanannya.

RRM berfungsi sebagai penghubung lokal antara Biro Penjara Federal AS dengan pengadilan federal, US Marshals Service, serta lembaga pemasyarakatan negara bagian dan lokal, dan membantu narapidana yang mendekati tanggal pembebasan mereka. Dengan demikian, CZ telah dipersiapkan untuk proses pembebasan pada 29 September mendatang.

Baca Juga: Para Whale Dogecoin Kumpulkan 400 Juta DOGE, Harga DOGE Siap Meledak September 2024?

Pintu kini telah hadir dalam versi web trading crypto. Daftar akun dan login Pintu untuk memanfaatkan fitur trading terlengkap, likuiditas tinggi, dan biaya trading terendah. Cek kurs BTC/IDR, ETH/IDR, SOL/IDR dan aset crypto lainnya secara mudah di Pintu Pro Web.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer: Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->