3 Peristiwa Ekonomi AS yang Dapat Guncang Pasar Kripto Minggu Ini

Updated
September 17, 2024
Gambar 3 Peristiwa Ekonomi AS yang Dapat Guncang Pasar Kripto Minggu Ini

Jakarta, Pintu News – Di tengah pergerakan Bitcoin yang masih berkisar antara $60.000 dan $57.000, para trader dan investor kripto menaruh perhatian pada sejumlah peristiwa ekonomi AS minggu ini yang dapat memengaruhi harga dan menentukan tren ke depannya. Meskipun September dikenal sebagai bulan yang menantang, para trader tetap berharap “Uptober” akan membawa kondisi pasar yang lebih baik.

Pasar AS akan diramaikan dengan peluncuran proyek keuangan terdesentralisasi Donald Trump, World Liberty Financial (WLFI), pada hari Senin. “Bergabunglah dengan saya secara langsung di Twitter Spaces pada pukul 8 malam, 16 September ini, untuk peluncuran World Liberty Financial. Kita merangkul masa depan dengan kripto, dan meninggalkan bank-bank besar yang lambat dan ketinggalan zaman,” kata Trump dalam pesan video baru-baru ini di X.

Simak informasi lengkapnya berikut ini!

Penjualan Ritel AS

Biro Sensus Departemen Perdagangan akan merilis data penjualan ritel AS pada hari Selasa, memberikan wawasan penting tentang tren belanja konsumen, yang merupakan bagian besar dari ekonomi AS.

Pada bulan Juli, penjualan ritel AS secara tak terduga melonjak sebesar 1% dibandingkan dengan bulan sebelumnya, kontras dengan revisi penurunan 0,2% di bulan Juni dan jauh melebihi ekspektasi ekonom sebesar kenaikan 0,3%.

Karena belanja konsumen merupakan pendorong utama pertumbuhan ekonomi, angka penjualan ritel Agustus yang kuat akan meredakan kekhawatiran resesi, menandakan ekonomi yang sehat dan meningkatkan kepercayaan pada aset berisiko seperti cryptocurrency dan saham.

Baca Juga: Bitcoin Bakal Bullish dalam 20 Hari? Analis Prediksi Lonjakan Pasca Halving!

Keputusan Suku Bunga FOMC

kemungkinan suku bunga
Sumber: CME Fed Watchpool

Keputusan suku bunga yang sangat dinanti dari Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) ditetapkan pada hari Rabu. Menyusul pembacaan Indeks Harga Konsumen (IHK) AS baru-baru ini dan data ekonomi utama lainnya, penurunan suku bunga tampaknya hampir pasti karena inflasi mendingin.

Namun, besaran penurunan masih belum jelas, dengan pelaku pasar ingin mengetahui pendekatan yang disukai Federal Reserve. Menurut CME FedWatch Tool, ada probabilitas 59% untuk penurunan suku bunga 50 basis poin (bps) dan peluang 49% untuk penurunan 25 bps. Dampak potensial pada Bitcoin dan aset berisiko lainnya akan bergantung pada apa yang telah diperkirakan oleh para trader.

Penurunan 50 bps dapat mengejutkan investor, yang berpotensi mendorong volatilitas pasar. Sebaliknya, penurunan 25 bps akan sejalan dengan ekspektasi, kemungkinan menyebabkan respons yang lebih terukur dari Bitcoin. Patut dicatat, JPMorgan mendukung penurunan 50 bps, meskipun kebijakan moneter Fed lebih ketat karena inflasi mendekati target 2%.

Baca Juga: Update Harga Tukar 18.000 Koin Hamster Kombat Per 17 September 2024, Setara dengan Gaji Content Creator TikTok?

Klaim Pengangguran AS

kunci kemenangan pilpres as
Sumber: CryptoSlate

Klaim pengangguran awal juga menjadi perhatian minggu ini, memberikan wawasan tentang keadaan pasar tenaga kerja saat ini. Sementara pasar kerja telah melemah, tingkat pengangguran tetap relatif rendah. Lowongan pekerjaan telah turun secara signifikan, sejalan dengan pasar yang lebih normal.

Seperti yang dilaporkan oleh BeInCrypto, ekonomi AS hanya menambahkan 142.000 pekerjaan pada bulan Agustus, di bawah ekspektasi. Namun, tingkat pengangguran untuk bulan Agustus memenuhi perkiraan, berdiri di 4,2%, menandai sedikit peningkatan dari 4,3% yang tercatat pada bulan Juli, menandakan penurunan pengangguran.

Data hari Kamis akan mengungkapkan kemajuan terbaru di pasar tenaga kerja AS. Meskipun dampaknya mungkin tidak langsung atau signifikan seperti indikator ekonomi lainnya, peningkatan klaim pengangguran dapat menandakan kelemahan ekonomi. Ini mungkin mendorong beberapa investor untuk beralih ke aset alternatif, seperti cryptocurrency, sebagai lindung nilai terhadap pasar tradisional.

Kesimpulan

Peristiwa ekonomi AS minggu ini dapat memberikan volatilitas yang sangat dibutuhkan ke pasar kripto. Para trader dan investor akan mencermati data yang dirilis untuk mendapatkan petunjuk tentang arah pasar selanjutnya. Apakah “Uptober” akan menjadi kenyataan atau tidak, masih harus dilihat.

Itu dia informasi terkini seputar berita crypto hari ini. Dapatkan berbagai informasi lengkap lainnya seputar akademi crypto dari level pemula hingga ahli hanya di Pintu Academy dan perkaya pengetahuanmu mengenai dunia crypto dan blockchain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan informasi terkini seputar dunia crypto dan teknologi blockchain. Nikmati pengalaman trading crypto yang mudah dan aman dengan mengunduh aplikasi kripto Pintu melalui Google Play Store maupun App Store sekarang juga.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli bitcoin dan investasi aset crypto lainnya menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->