Fair AI: Mengapa Semua Orang Harus Mendapatkan Keuntungan dari Ledakan AI?

Updated
September 19, 2024
Gambar Fair AI: Mengapa Semua Orang Harus Mendapatkan Keuntungan dari Ledakan AI?

Jakarta, Pintu News – Saat ini, Google, OpenAI, Microsoft, Meta, dan Nvidia mendominasi pengembangan AI, termasuk data yang mendorongnya. Teknologi blockchain dan kripto dapat memberi kompensasi kepada pengguna, menciptakan jaringan Fair AI, kata Calanthia Mei, Co-Founder Masa.

Fair AI adalah satu-satunya solusi yang layak untuk memerangi risiko AI Besar yang semakin meningkat. Saat ini, perusahaan teknologi terbesar di dunia sedang membangun aplikasi canggih yang didukung AI. Tentu saja, AI sarat dengan peluang ekonomi; tetapi juga menghadirkan ancaman eksistensial yang membayangi. Pasar didominasi oleh perusahaan seperti Google, OpenAI, Microsoft, Meta, dan Nvidia β€” banyak di antaranya memiliki sejarah panjang eksploitasi data pengguna.

AI Besar itu Eksklusif dan Eksploitatif

Pada intinya, AI adalah permainan data. Siapa pun yang memiliki data, memiliki masa depan AI. Selama 25 tahun terakhir, perusahaan teknologi terbesar di dunia telah mengambil data kita, sebagian besar bebas untuk menggunakannya sesuai keinginan mereka dengan syarat dan ketentuan yang tidak jelas yang dengan mudah digantung di depan kita tepat sebelum pembelian produk yang memicu dopamin. Big Tech sekarang berubah menjadi Big AI.

Data yang digunakan untuk melatih AI berasal dari jutaan orang yang berinteraksi setiap hari dengan aplikasi dan layanan online. Data ini harus dimonetisasi oleh kontributor tersebut β€” dengan kata lain, oleh Anda. Kami menyebutnya Fair AI β€” dan kami percaya itu bukan hanya hal yang baik untuk dimiliki dalam AI; kami percaya itu adalah fundamental untuk memastikan bahwa saat AI mengubah masyarakat kita, hal itu dilakukan untuk kepentingan semua orang.

Baca Juga: 3 Meme Coin Kripto yang Siap Meledak di Q4: Tingkatkan Portofoliomu Sekarang!

Dunia Membutuhkan Fair AI

teknologi artificial intelligence
Thomson Reuters

Fair AI adalah penggabungan teknologi dan insentif ekonomi yang, bersama-sama, memastikan AI berkembang dengan cara yang bermanfaat bagi semua orang yang mengaktifkan atau menggunakannya. Ada beberapa prinsip inti untuk Fair AI β€” kepemilikan, izin, dan kompensasi yang adil. Secara khusus, kompensasi yang adil untuk kontribusi data, komputasi, dan konten ke kumpulan data.

Kontribusi ini menciptakan kumpulan data baru untuk digunakan pengembang yang berada di luar apa yang tersedia untuk umum dan karena ini, orang yang menyumbangkan data mereka untuk kemudian membangun ekosistem AI yang lebih kuat, kemudian akan menerima kompensasi dalam bentuk aset on-chain. Jenis kontribusi ini sangat berbeda dari arah Big AI saat ini. Anda tidak diberi kompensasi ketika aktivitas Penelusuran Google Anda selama beberapa dekade digunakan oleh Gemini untuk menginformasikan keluaran generatif untuk layanan lain.

Fair AI Tidak Hanya Membuat AI Saat Ini Lebih Adil, Tetapi Juga Membuatnya Lebih Kuat untuk Era AI

Tidak seperti data yang bersumber dari aplikasi tertutup atau disimpan di LLM tertutup, data di jaringan terbuka tidak dipisahkan oleh silo. Data apa pun yang telah tersedia oleh kontributor dapat dimanfaatkan, yang berarti pengembang AI secara teoritis dapat mengakses kumpulan data yang lebih besar untuk melatih LLM. Secara efektif, data dunia tersedia untuk mereka, bukan hanya kumpulan data dari komunitas pengguna aplikasi.

Sifat blockchain tanpa izin juga mendorong lebih banyak inovasi AI di tingkat global, karena pengembang mana pun dapat memanfaatkan kumpulan data tanpa izin apa pun. Terakhir, elemen monetisasi Fair AI mendorong terciptanya kumpulan data real-time yang lebih berkualitas, bernilai lebih tinggi. Jika orang tahu bahwa data tertentu lebih dihargai oleh pasar, mereka akan berusaha untuk mengirimkan data tersebut ke pasar terbuka β€” pada akhirnya menciptakan ekosistem data yang lebih kuat, lengkap, dan seimbang.

Penutup

AI tidak dapat dihindari, tetapi eksploitasinya tidak harus terjadi. Fair AI adalah satu-satunya jalur yang layak dan realistis bagi kita untuk terus berinovasi AI sambil mengurangi risiko yang lebih menyeramkan yang ditimbulkannya ketika tetap berada di tangan beberapa raksasa teknologi.

Dengan mendukung Fair AI dan mereka yang mengejarnya, kita dapat menciptakan masa depan tidak hanya di mana manfaat ekonomi dari kemajuan AI dapat diakses oleh semua orang, tetapi di mana solusi AI bahkan lebih kuat daripada yang kita bayangkan saat ini.

Baca Juga: Para Whale Dogecoin Kumpulkan 400 Juta DOGE, Harga DOGE Siap Meledak September 2024?

Pintu kini telah hadir dalam versi web trading crypto. Daftar akun dan login Pintu untuk memanfaatkan fitur trading terlengkap, likuiditas tinggi, dan biaya trading terendah. Cek kurs BTC/IDR, ETH/IDR, SOL/IDR dan aset crypto lainnya secara mudah di Pintu Pro Web.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->