Teknologi realitas virtual telah membuka banyak kemungkinan di berbagai bidang, termasuk pendidikan.
United States of Mars (USM) telah mengembangkan platform realitas virtual yang dikenal sebagai USM Metaverse RACA.
RACA USM Metaverse memberi siswa kesempatan untuk terlibat dengan informasi dengan cara yang lebih menarik dan mudah diingat dibandingkan dengan metode pembelajaran tradisional.
Apa itu USM Metaverse RACA, apa saja fiturnya, dan bagaimana teknologi USM Metaverse dapat memberikan perubahan dalam bidang pendidikan?
Simak informasi selengkapnya seperti dikutip dari beberapa sumber berikut ini.
USM Metaverse adalah sebuah platform yang menawarkan pengalaman imersif dan interaktif yang berpotensi merevolusi cara kita belajar dan terlibat dengan informasi.
Platform ini dirancang untuk menawarkan pengalaman imersif dan interaktif yang dapat digunakan di berbagai tempat, termasuk ruang kelas dan museum.
RACA USM Metaverse juga dapat diakses melalui berbagai perangkat, seperti headset virtual reality, desktop, dan ponsel.
Aksesibilitas ini berarti siswa dapat menggunakan USM Metaverse RACA di mana saja dan kapan saja, menjadikannya alat pembelajaran yang nyaman dan fleksibel.
Platform ini juga dikenal ramah pengguna dan mudah dinavigasi yang membuatnya dapat diakses oleh siswa dari segala usia dan latar belakang.
RACA USM Metaverse memungkinkan pengalaman interaktif yang imersif bagi siswa dalam berbagai pengaturan termasuk ruang kelas dan museum.
Dengan mengandalkan RACA USM Metaverse, siswa mendapatkan pengalaman belajar dengan cara yang terasa nyata secara fisik di lingkungan tempat mereka belajar.
Baca Juga: Angka Siswa Putus Sekolah Meningkat, Jepang Luncurkan Kelas Belajar di Metaverse!
Misalnya, siswa yang mempelajari sejarah dapat menjelajahi situs dan artefak bersejarah di ruang virtual.
Demikian pula, siswa yang belajar sains dapat melakukan eksperimen virtual dan mengeksplorasi konsep ilmiah dengan cara yang lebih menarik dan interaktif.
Seru banget, ya!
USM Metaverse adalah platform yang dapat memberikan pengalaman belajar yang tidak mungkin dilakukan dalam kehidupan nyata.
Misalnya, siswa dapat menjelajahi lingkungan yang tidak dapat diakses atau berbahaya, seperti luar angkasa atau di bawah air, dalam lingkungan virtual yang aman dan terkendali.
Teknologi ini juga dapat digunakan untuk mensimulasikan skenario yang sulit ditiru dalam kehidupan nyata, seperti prosedur medis atau situasi darurat.
RACA USM Metaverse memiliki potensi untuk mengubah cara kita belajar dan terlibat dengan informasi, khususnya di bidang-bidang seperti sains dan sejarah.
Dengan memanfaatkan platform ini, siswa dapat belajar dengan cara yang lebih menarik, interaktif, dan mudah diingat dibandingkan metode pembelajaran tradisional.
Teknologi ini juga dapat memberikan pemerataan akses pendidikan, karena dapat digunakan oleh siswa terlepas dari lokasi atau status sosial ekonomi mereka.
Selain itu, USM Metaverse RACA dapat memberikan wawasan berharga kepada pendidik tentang cara siswa belajar dan terlibat dengan informasi.
Platform ini dapat melacak kemajuan siswa, mengidentifikasi area di mana siswa kesulitan, dan memberikan pengalaman belajar yang dipersonalisasi yang memenuhi kebutuhan masing-masing siswa.
Sebelumnya, Jepang telah menggunakan teknologi Metaverse untuk pembelajaran siswa di Kota Toda.
Kota Toda di Jepang, Saitama, mulai mengadopsi layanan sekolah Metaverse untuk memberi semangat siswa, terutama bagi mereka yang tinggal jauh dari sekolah untuk menghadiri kelas mereka.
Sehingga tidak ada lagi kendala untuk tidak masuk sekolah karena jarak rumah yang jauh dari sekolah.
Seperti apa penerapan sekolah Metaverse yang dilakukan di kota Toda, Jepang? Simak informasi selengkapnya mengenai Kota Toda Jepang Terapkan Layanan Sekolah Metaverse di sini.
*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.
Referensi: