Dalam langkah yang mengejutkan, Google telah memperbarui kebijakan iklan crypto mereka untuk memungkinkan promosi game yang menggunakan token nonfungible (NFT). Namun, seperti yang diharapkan, ada beberapa batasan yang diterapkan. Seperti apa kebijakan iklan terbaru itu? Simak berita lengkapnya berikut ini!
Mulai 15 September 2023, Google akan memperbolehkan iklan untuk game berbasis blockchain yang menggunakan NFT. Namun, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh game tersebut.
Game yang memungkinkan pemain membeli item dalam game, seperti pakaian virtual, senjata, atau baju besi dengan statistik yang lebih baik, yang dikonsumsi atau digunakan dalam game untuk meningkatkan pengalaman pengguna, diperbolehkan untuk beriklan.
Namun, game yang memungkinkan pemain bertaruh atau mempertaruhkan NFT melawan pemain lain atau untuk mendapatkan hadiah, termasuk crypto dan nonfungible token lainnya, akan tetap dilarang.
Baca Juga: Game NFT Resmi Diizinkan di Google Play Store, Ini Kebijakan Barunya!
Menurut Coingape, Google memastikan bahwa game crypto atau NFT di mana pemain dapat “bertaruh atau mempertaruhkan NFT dengan harapan memenangkan sesuatu yang bernilai dunia nyata,” termasuk NFT, tidak diizinkan untuk beriklan.
Setiap jenis “game kasino sosial” yang memberikan NFT kepada pengguna juga tidak diizinkan untuk menjalankan iklan, sementara game “judi uang nyata” dilarang membeli iklan dengan Google.
Game yang memungkinkan pengguna untuk mempertaruhkan atau “mengunci” crypto atau NFT mereka untuk mendapatkan crypto seiring waktu juga dilarang menurut kebijakan iklan crypto baru Google.
Baca Juga: Google Ubah Kebijakan Privasi untuk Pelatihan AI, Inovasi atau Kontroversi?
Perubahan ini menandai pengakuan Google terhadap perbedaan antara game di mana NFT mewakili item dalam game yang meningkatkan gameplay versus NFT yang memfasilitasi mekanisme judi untuk pemain.
Pada Juli, Google menerbitkan aturan baru untuk Google Play Store-nya, memungkinkan pengembang Android untuk memasukkan NFT ke dalam game mereka selama mereka tidak memasukkan mekanisme judi.
Dengan perubahan ini, Google semakin mendekati industri game berbasis blockchain dan NFT, menunjukkan potensi besar untuk masa depan industri ini.
Dengan perubahan kebijakan iklan crypto ini, Google telah membuka pintu bagi industri game NFT untuk mencapai audiens yang lebih luas. Namun, dengan batasan yang diterapkan, jelas bahwa perusahaan masih berhati-hati dalam pendekatannya terhadap dunia crypto.
Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.
*Disclaimer
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.
Referensi: