PayPal Luncurkan Stablecoin PYUSD di Solana: Transaksi Lebih Cepat dan Murah!

Updated
May 30, 2024
Gambar PayPal Luncurkan Stablecoin PYUSD di Solana: Transaksi Lebih Cepat dan Murah!

Jakarta, Pintu News ā€“ PayPal, raksasa pembayaran digital, baru saja mengumumkan peluncuran stablecoin PYUSD (PayPal USD) di blockchain Solana.

Langkah ini menandai ekspansi jaringan stablecoin PayPal di luar Ethereum, dengan tujuan untuk menghadirkan transaksi yang lebih cepat dan murah bagi para penggunanya.

Stablecoin PYUSD Meluncur di Blockchain Solana

PayPal telah memilih blockchain Solana untuk memperluas stablecoin-nya, PayPal USD ($PYUSD), menandai langkah pertamanya di luar ekosistem Ethereum.

Sumber: X

Menurut pengumuman pada tanggal 29 Mei 2024 melalui postingan X, PYUSD telah ditambahkan ke jaringan Solana, sehingga pengguna dapat melakukan transaksi dengan biaya yang lebih rendah.

Baca juga: Nomura dan GMO Berkolaborasi untuk Eksplorasi Penerbitan Stablecoin di Jepang

Langkah ini bertujuan untuk memperluas penggunaan stablecoin PYUSD sebagai metode pembayaran untuk pembelian dalam jumlah kecil dan harian.

Solana memproses hingga 65.000 transaksi per detik dengan biaya serendah $0,0025, secara signifikan melebihi Ethereum yang hanya 15 transaksi per detik dengan biaya yang lebih tinggi, yang dapat bervariasi dari $1 hingga $50 selama masa kemacetan.

Dengan kata lain, ketika sebuah transaksi di Ethereum membutuhkan waktu beberapa menit untuk diproses, transfer yang sama menggunakan Solana dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari satu menit.

ā€œMembuat PYUSD tersedia di Solana Blockchain memajukan misi kami untuk memungkinkan mata uang digital dengan nilai stabil yang dirancang untuk perdagangan dan pembayaran,ā€ kata wakil presiden senior PayPal untuk blockchain, Jose Fernandez da Ponte, dalam sebuah pernyataan.

Pengguna dompet PayPal dan Venmo akan memiliki pengalaman chain-agnostic, yang berarti saldo PYUSD akan disatukan terlepas dari jaringan yang menyimpan aset.

Volume Transfer Stablecoin Solana Capai $1,5 Triliun

Jaringan Solana melonjak sebagai blockchain yang paling banyak digunakan untuk transfer stablecoin sejak tahun lalu.

Menurut data dari platform analitik Artemis, volume transfer stablecoin di Solana mencapai $1,5 triliun selama setahun terakhir, sebagian besar melampaui volume Ethereum sebesar $885 miliar pada periode yang sama.

Baca juga: Laporan Terbaru Visa: Solana Kalahkan Ethereum dalam Transaksi Stablecoin

Sumber: Artemis via Cointelegraph

Blockchain Solana juga menghadapi tantangan, terutama terkait dengan pemadaman jaringan yang berulang. Episode terakhir terjadi pada 9 Februari, ketika transaksi terhenti selama hampir lima jam.

Pembaruan yang disebut Firedancer akan dirilis dalam beberapa bulan mendatang untuk meningkatkan keandalan dan skalabilitas Solana secara keseluruhan.

Penutup

Stablecoin adalah mata uang kripto yang dirancang untuk mempertahankan nilai konstan dengan mematok aset cadangan yang lebih stabil, biasanya mata uang fiat seperti dolar AS.

PayPal meluncurkan stablecoin pada Agustus 2023 bekerja sama dengan Paxos Trust Company. Stablecoin pada awalnya hanya diterbitkan di Ethereum sebagai token ERC-20 dan didukung oleh deposito dolar AS, Treasury jangka pendek, dan setara kas.

Data dari DefiLlama menunjukkan bahwa Tether ($USDT) saat ini menguasai hampir 70% pasar stablecoin dengan kapitalisasi pasar sekitar $111 miliar, sementara PYUSD saat ini bernilai $272,96 juta.

Ikuti kami diĀ Google NewsĀ untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputarĀ crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->