Penjualan NFT Anjlok 54% di Bulan Mei 2024, Apa yang Terjadi?

Updated
June 1, 2024
Gambar Penjualan NFT Anjlok 54% di Bulan Mei 2024, Apa yang Terjadi?

Jakarta, Pintu News – Koleksi digital berbasis blockchain mengalami penurunan pada bulan Mei meskipun menunjukkan peningkatan pada bulan April 2024, menurut pelacak data CryptoSlam.

Pada tanggal 31 Mei 2024, platform data non-fungible token (NFT) menunjukkan bahwa dalam 30 hari terakhir, volume penjualan global NFT mencapai $624 juta.

Angka tersebut mewakili penurunan sebesar 54% dalam volume penjualan keseluruhan NFT dibandingkan dengan bulan April, ketika volume NFT mencapai lebih dari $1 miliar.

Bitcoin, Ethereum, dan Solana Menurun

Di antara blockchain teratas yang digunakan untuk nonfungible tokens, Bitcoin, Ethereum, dan Solana menunjukkan penurunan volume penjualan pada bulan Mei.

Baca juga: Pendiri Yuga Labs Umumkan Proyek Utama yang Segera Hadir untuk Bored Ape Yacht Club!

Meskipun NFT berbasis Bitcoin menghasilkan lebih dari $179 juta dalam volume penjualan selama 30 hari terakhir, mereka juga mengalami salah satu penurunan volume penjualan tertinggi.

Menurut CryptoSlam, volume penjualan NFT Bitcoin turun sebesar 68% dibandingkan dengan bulan April.

Sumber: CryptoSlam

Sementara itu, blockchain peringkat kedua dan ketiga berdasarkan volume penjualan, Ethereum dan Solana, juga mengalami tren penurunan pada bulan Mei.

Data menunjukkan bahwa kedua blockchain tersebut mengalami penurunan volume penjualan masing-masing sebesar 55% dan 48% pada bulan Mei.

Mad Lads, CryptoPunks, dan BAYC Alami Penurunan Besar

Di antara 10 koleksi NFT teratas, Mad Lads berbasis Solana serta koleksi berbasis Ethereum CryptoPunks dan Bored Ape Yacht Club (BAYC) mengalami penurunan terbesar.

BAYC menunjukkan penurunan tertinggi dalam daftar, dengan volume penjualannya menurun sebesar 54%. Mad Lads mengalami penurunan sebesar 44%, sementara CryptoPunks mengalami penurunan sebesar 41%.

Pada bulan Maret, koleksi NFT populer CryptoPunks mencetak rekor penjualan dua kali. Pada tanggal 4 Maret, sebuah CryptoPunk alien langka terjual seharga $16 juta. Ini diikuti oleh penjualan pemecah rekor lainnya ketika CryptoPunk #7804 dibeli seharga $16,4 juta pada 20 Maret.

Baca juga: Laporan Terbaru! Departemen Keuangan AS Peringatkan Risiko Finansial dari Pasar NFT

Meskipun mengalami peningkatan pada bulan Maret, koleksi ini hanya mencatatkan volume penjualan keseluruhan sebesar $15 juta pada bulan Mei.

NFT yang Alami Peningkatan

Sementara volume penjualan NFT secara keseluruhan menurun pada bulan Mei, beberapa koleksi mengalami pertumbuhan.

Proyek keuangan sosial (SocialFi) Fantasy Top mengalami pertumbuhan signifikan pada bulan Mei, mendorong Blast masuk ke dalam daftar blockchain teratas untuk NFT.

Selain Fantasy Top, game blockchain berbasis Immutable, Guild of Guardians, menunjukkan peningkatan volume penjualan sebesar 69%, yang mendorong volume keseluruhan blockchain tersebut.

Menurut CryptoSlam, Immutable mencatatkan pertumbuhan volume penjualan sebesar 23% pada bulan Mei.

Di Solana, DogeZuki Collection dan Solana Monkey Business menjadi pemenang terbesar, menunjukkan pertumbuhan masing-masing sebesar 130% dan 74%.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Cryptonomist

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->