Putin Tegaskan Sistem Pembayaran Independen BRICS, Tantang Hegemoni Barat

Updated
June 13, 2024
Gambar Putin Tegaskan Sistem Pembayaran Independen BRICS, Tantang Hegemoni Barat

Jakarta, Pintu News – Dalam pidatonya di Forum Ekonomi Internasional St. Petersburg (SPIEF), Presiden Rusia Vladimir Putin menegaskan bahwa negara-negara di seluruh dunia sedang berlomba untuk memperkuat kedaulatan mereka di tengah upaya negara-negara Barat untuk mempertahankan peran hegemonik mereka.

Putin juga menyoroti BRICS, sebuah blok negara yang terdiri dari Brasil, Rusia, India, Cina, dan Afrika Selatan, sebagai penyeimbang geopolitik terhadap kekuatan dan pengaruh Barat. Ia menyatakan bahwa BRICS sedang berupaya untuk mengembangkan sistem pembayaran independen yang tidak tunduk pada tekanan politik, penyalahgunaan, dan campur tangan sanksi eksternal. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Sistem Pembayaran Independen BRICS: Bebas dari Tekanan Politik dan Sanksi

Dalam pidatonya, Putin mengumumkan bahwa BRICS sedang mengembangkan sistem pembayaran independen yang tidak akan terpengaruh oleh tekanan politik, penyalahgunaan, dan sanksi eksternal. Sistem ini akan menjadi tulang punggung pembayaran lintas batas yang akan memperkuat kedaulatan finansial, teknologi, dan pribadi Rusia, meningkatkan kapasitas produksinya, dan meningkatkan daya saing produk Rusia baik di pasar luar negeri maupun di pasar domestiknya sendiri.

Putin menekankan bahwa Rusia bertujuan untuk secara signifikan mengurangi pangsa impornya menjadi 17% dari PDB pada tahun 2030, turun dari 19% pada tahun 2023. Untuk mencapai hal ini, Rusia tidak hanya sedang mengupayakan pembentukan sistem pembayaran independen, tetapi juga berencana untuk membangun dan meningkatkan rute transportasi transkontinental menuju ke timur.

Baca Juga: Rekomendasi Crypto Hari Ini (13/6/24): NOT, PEPE, dan SEAL Dilirik Para Investor!

BRICS: Potensi Besar untuk Menarik Anggota Baru

Putin juga menggarisbawahi pentingnya Arab Saudi, Iran, Uni Emirat Arab, dan Mesir yang baru-baru ini bergabung dengan BRICS. Ia menekankan bahwa hal ini telah meningkatkan kontribusi kelompok tersebut terhadap PDB global menjadi 36%, dan sekarang mewakili 46% dari populasi dunia.

Putin menyatakan bahwa BRICS memiliki potensi besar untuk menyambut anggota baru, dan ada minat yang kuat dari mitra di berbagai benua untuk mengembangkan hubungan ini. Ia menyambut baik, mendukung, dan akan terus mengembangkan hubungan dalam kerangka BRICS, tidak hanya di bidang ekonomi, keuangan, dan keamanan, tetapi juga di bidang lain di mana kerja sama kemanusiaan sangat penting.

Baca Juga: 4 Crypto Teratas untuk Cuan Jangka Panjang di Tahun 2024: Koin Nomor 1 Meroket 1320%!

Kedaulatan Ekonomi Rusia: Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja dan Sistem Pajak

Putin juga menyoroti kemajuan ekonomi Rusia, yang telah melampaui Jepang untuk menjadi ekonomi terbesar keempat di dunia. Ia mencatat bahwa ekonomi Rusia telah diuntungkan dari perubahan struktur sektoral, yang didorong oleh kebijakan ekonomi sisi penawaran aktif yang diterapkan selama setahun terakhir. Rusia juga semakin memenuhi kebutuhan domestiknya untuk produk dari industri manufaktur, pertanian, dan jasa.

Putin mengutip kompleks agroindustri, menyoroti ekspansi industri daging Rusia sebagai contoh ilustratif. Ia mengatakan bahwa kapasitas industri hampir dua kali lipat dalam 15 tahun. Ia menekankan bahwa tahun lalu, Rusia mencapai swasembada penuh dalam pasokan produknya sendiri, dengan konsumsi daging melebihi 80kg per kapita.

“Saat ini, Rusia menempati urutan keempat di dunia dalam produksi daging dan meningkatkan pasokan produk ini ke pasar luar negeri.”

Rata-rata konsumsi daging di dunia saat ini adalah 42 hingga 43kg per orang.

Putin menekankan bahwa Rusia sedang meningkatkan kualitas pasar tenaga kerjanya, menstandardisasi investasi, dan menyempurnakan sistem pajaknya. Ia memperkirakan bahwa proyek efisiensi tenaga kerja nasional Rusia akan mencakup setidaknya 40% dari perusahaan besar dan menengah pada tahun 2030.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->