Gandeng Polygon CDK, Ronin Luncurkan zkEVM untuk Memperluas Ekosistem Gaming Blockchain!

Updated
June 19, 2024
Gambar Gandeng Polygon CDK, Ronin Luncurkan zkEVM untuk Memperluas Ekosistem Gaming Blockchain!

Jakarta, Pintu News – Pada 18 Juni 2024, Ronin, blockchain gaming terkemuka, telah mengumumkan peluncuran zkEVM (Zero-Knowledge Ethereum Virtual Machine) untuk meningkatkan kapasitas jaringan dan mendukung pertumbuhan ekosistem game Web3.

Dengan memanfaatkan versi yang dimodifikasi dari Polygon Chain Development Kit (CDK), Ronin zkEVM bertujuan untuk menyediakan lingkungan tanpa izin yang lebih baik untuk pengembang game.

Fitur dan Manfaat zkEVM

zkEVM di Ronin memungkinkan pengembang untuk meluncurkan blockchain Layer 2 di atas jaringan Ronin utama. Ini menggunakan zero-knowledge proofs untuk memungkinkan lebih banyak game, lebih banyak pemain, dan kebebasan ekonomi yang lebih besar.

Baca juga: Game Clicker Telegram Meroket, Tapswap dan Yescoin Siap Meluncur di The Open Network (TON)!

alamat aktif ronin
Sumber:  Ronin explorer

Dengan 1,4 juta alamat aktif harian, jaringan ini siap menangani miliaran transaksi per hari di masa depan, seperti yang dijelaskan oleh Jeff Zirlin, salah satu pendiri Sky Mavis.

Lebih lanjut, Ronin zkEVM juga memungkinkan studio game untuk membangun blockchain zkEVM mereka sendiri tanpa harus membangun keamanan dan konsensus mereka sendiri.

Pengembang dapat meluncurkan aplikasi blockchain khusus (appchain) yang menyediakan dedicated blockchain untuk setiap game, memfasilitasi inovasi dan ekspansi yang lebih besar.

Trung Nguyen, CEO dan salah satu pendiri Sky Mavis, menyatakan bahwa tujuan utama adalah menciptakan ekosistem gaming yang terintegrasi yang memungkinkan transfer aset, swap token, dan perdagangan NFT antara Layer-1 dan Layer-2.

Dengan dukungan teknologi ZK dari Polygon, kolaborasi ini akan membawa era baru dalam gaming Web3.

“Kami yakin Ronin zkEVM sangat penting untuk membantu kami menjangkau miliaran gamer. Dengan teknologi Polygon, kolaborasi ini menandai era baru dalam gaming Web3.”

Dampak pada Ekosistem Ronin

Menurut data dari DefiLlama, Total Value Locked (TVL) di Ronin telah meningkat empat kali lipat sejak Oktober 2023, mencapai $181 juta. Pengguna aktif mingguan meningkat sebesar 7%, dengan pengguna aktif bulanan stabil di sekitar 2.500.

Sumber: CoinGecko

Selain itu, token RON telah melonjak 600% selama periode yang sama, menunjukkan pertumbuhan signifikan dalam ekosistem Ronin.

Baca juga: Saingi AWS, Circle Luncurkan Program Kredit untuk Mendukung Pengembang Blockchain!

Sandeep Nailwal, salah satu pendiri Polygon, menyoroti bahwa CDK Polygon akan mendukung ekosistem gaming Ronin, menjadikannya tujuan utama bagi studio game di seluruh dunia.

Nailwal juga menambahkan bahwa kolaborasi ini akan memadukan teknologi canggih dengan keterlibatan dan distribusi pengguna yang signifikan.

Masa Depan Gaming di Ronin

Dengan peluncuran zkEVM, Ronin berharap dapat memperluas ekosistem gaming blockchain mereka dan membawa lebih banyak game dan pengguna ke platform mereka.

Sky Mavis juga berencana untuk mengintegrasikan layanan cross-chain relayer untuk memfasilitasi transfer dan swap token antar berbagai rollup di ekosistem Ronin.

Langkah ini bertujuan untuk mengatasi tantangan ekosistem yang terfragmentasi dan memastikan likuiditas tetap tinggi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->