Heboh! Elon Musk Tidak Berencana untuk Integrasikan Pembayaran Kripto di Platform X

Updated
June 23, 2024
Gambar Heboh! Elon Musk Tidak Berencana untuk Integrasikan Pembayaran Kripto di Platform X

Jakarta, Pintu News ā€“ Sejak pengambilalihan Elon Musk pada Oktober 2022, platform media sosial X telah memperkenalkan monetisasi untuk pembuat konten dan model langganan, dengan tujuan menjadi ā€œplatform segalanya.ā€

Namun, ada kabar bahwa tidak ada rencana untuk mengakomodasi pembayaran kripto di platform ini.

Transformasi X Menjadi Aplikasi Keuangan

Menurut dokumen dan email sepanjang 350 halaman yang dilihat oleh Bloomberg, CEO Tesla dan SpaceX ini ingin mengubah X menjadi aplikasi mirip Venmo, di mana pengguna dapat menyimpan, mengirim, dan menerima uang melalui akun X mereka serta membayar barang dan jasa di toko fisik.

Baca juga: Standard Chartered Dikabarkan Siap Meluncurkan Meja Perdagangan Bitcoin dan Ethereum!

Namun, transaksi kripto tidak termasuk dalam rencana ini.

Musk sebelumnya telah mengisyaratkan tentang rencana transformasi ini untuk menjadikan X sebagai pusat keuangan selama panggilan all-hands dengan karyawan X pada Oktober tahun lalu.

Dalam rekaman audio pertemuan yang diperoleh oleh The Verge, Musk menyatakan bahwa layanan pembayaran ini akan mencakup seluruh kehidupan keuangan seseorang, termasuk uang, sekuritas, atau lainnya, sehingga pengguna tidak memerlukan akun bank.

ā€œKetika saya mengatakan pembayaran, yang saya maksudkan adalah seluruh kehidupan finansial seseorang. Jika melibatkan uang, maka akan ada di platform kami. Uang atau sekuritas atau apa pun. Jadi, ini bukan hanya, misalnya, mengirim $20 ke teman saya. Saya berbicara tentang, seperti, Anda tidak akan membutuhkan rekening bank,ā€ kata Musk dalam sebuah rekaman audio pertemuan yang diperoleh The Verge.

Harapan Komunitas Kripto

Komunitas kripto sempat berharap bahwa rencana tersebut akan mencakup pembayaran aset digital mengingat sejarah Musk dengan ekonomi yang sedang berkembang ini.

Sebelumnya, Musk menerima pembayaran Bitcoin untuk produk Tesla dan merupakan pendukung setia Dogecoin .

Namun, menurut dokumen dan email yang diperoleh Bloomberg, tidak ada rencana untuk mengintegrasikan pembayaran aset digital atau mendukung transaksi kripto di platform X.

Baca juga: Winklevoss Bersaudara Donasikan Bitcoin Senilai $2 Juta untuk Kampanye Donald Trump!

Layanan Pembayaran X dan Kepatuhan Regulasi

elon musk x
Sumber: CNBC

Layanan pembayaran akan ditawarkan melalui anak perusahaan khusus, X Payments, yang telah mengajukan aplikasi untuk menjadi pengirim pembayaran di seluruh 50 negara bagian AS. Langkah ini bertujuan untuk memungkinkan perusahaan beroperasi di berbagai yurisdiksi di Amerika dengan mematuhi peraturan setempat.

Menurut situs web perusahaan, X Payments telah memperoleh persetujuan regulasi dari 28 negara bagian, termasuk Wyoming, Rhode Island, Utah, dan Louisiana.

Dokumen tersebut juga menunjukkan bahwa perusahaan siap menunggu proses multi-tahun untuk mendapatkan izin yang dibutuhkan untuk melayani pengguna di seluruh Amerika Serikat.

Awalnya, Musk berencana meluncurkan layanan pembayaran ini secara global pada kuartal pertama 2024, namun mengalami kendala regulasi yang menunda peluncurannya ke tanggal yang akan datang.

Biaya Transaksi Murah di X

Tahun lalu, perusahaan memberi tahu regulator keuangan di Massachusetts bahwa mereka akan melanjutkan upaya untuk transfer uang internasional setelah mendapatkan cukup izin di mayoritas negara bagian AS. Perusahaan berencana mengajukan kembali aplikasi ke otoritas keuangan saat sudah siap.

X Payments melihat pengenalan fitur pembayaran di X sebagai cara untuk meningkatkan penawaran bisnisnya melalui ā€œpeningkatan partisipasi dan keterlibatanā€ di aplikasi.

Perusahaan berencana untuk mengenakan biaya transaksi yang relatif rendah saat mulai memproses transaksi bagi pengguna untuk tetap kompetitif dengan platform pembayaran lain seperti Venmo dan PayPal.

Ikuti kami diĀ Google NewsĀ untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputarĀ crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Advanced Television

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->