Real-World Assets (RWA) Berpotensi Ungguli Sektor Blockchain Karena Minat TradFi!

Updated
June 23, 2024
Gambar Real-World Assets (RWA) Berpotensi Ungguli Sektor Blockchain Karena Minat TradFi!

Jakarta, Pintu News – Pasar keuangan tradisional (TradFi) menunjukkan minat yang semakin besar terhadap sektor blockchain, yang terlihat dari meningkatnya aset dunia nyata (RWA) yang ditokenisasi.

Menurut firma riset dan analitik blockchain, Messari, pasar RWA telah tumbuh menjadi $8 miliar dalam total nilai yang terkunci (TVL) hanya tahun ini saja.

Aset RWA yang ditokenisasi menggunakan teknologi blockchain untuk menjembatani kesenjangan antara keuangan tradisional dan kripto, memungkinkan token digital di jaringan blockchain mendefinisikan hak kepemilikan atas aset berwujud.

Minat TradFi Mendorong Pasar RWA yang Ditokenisasi

Para ahli industri memperkirakan pertumbuhan RWA akan terus meningkat karena minat TradFi.

Baca juga: Fidelity Mengungkapkan Investasi $4,7 Juta di ETF Ethereum dalam Pengajuan SEC yang Diubah!

Sergey Nazarov, Co-founder Chainlink, baru-baru ini menyebutkan di podcast Web3 Deep Dive bahwa aset dunia nyata yang ditokenisasi pada akhirnya akan melampaui total nilai cryptocurrency.

“Orang-orang TradFi sangat ahli dalam sekuritisasi, yang pada dasarnya adalah pengemasan sesuatu dalam produk keuangan, dan aset dunia nyata adalah istilah yang bagus untuk sekuritisasi berbagai aset,” kata Nazarov.

Sementara itu, Simon Barnby, Chief Marketing Officer dari Archax, menyatakan bahwa total ukuran pasar keuangan dan instrumen keuangan mencapai $1,7 kuadriliun, sehingga potensi untuk RWA yang ditokenisasi sangat besar. Ini tidak termasuk tokenisasi jenis aset dunia nyata baru seperti hak musik, royalti, seni, dan lainnya.

Tokenisasi Merevolusi Aset TradFi

Meskipun RWA yang ditokenisasi bukan konsep baru, industri kripto baru-baru ini mulai melihat masuknya RWA ke jaringan blockchain.

Charles Adkins, Presiden Hedera, mengatakan bahwa tokenisasi adalah bentuk baru kepemilikan aset, perdagangan, dan manajemen dalam TradFi. Manfaat tokenisasi meliputi peningkatan likuiditas, transparansi, dan efisiensi.

Misalnya, perusahaan investasi global Inggris Arbdn telah mulai memanfaatkan layanan tokenisasi Hedera untuk sebagian dari dana pasar uang (MMF) mereka yang bernilai lebih dari $20 miliar.

Baca juga: ETP Hedera (HBAR) Pertama di Dunia Telah Diluncurkan, Harga HBAR Melonjak!

Tokenisasi MMF dapat membantu mengatasi beban administratif dengan memungkinkan pembayaran pada hari yang sama dan reinvestasi pendapatan otomatis.

Kasus Penggunaan RWA yang Ditokenisasi Lainnya

bitcoin suisse obligasi polygon
Sumber: Alexa Blockchain

Firma investasi kripto Swiss, Bitcoin Suisse, baru-baru ini menerbitkan obligasi yang ditokenisasi di Obligate, sebuah platform pasar modal on-chain yang dibangun di atas blockchain Polygon. Bitcoin Suisse memiliki aset senilai CHF 5 miliar ($5,5 miliar) dalam kustodian.

Selain itu, Jesse Knutson, Kepala Operasi Bitfinex Securities, menyatakan bahwa menggunakan teknologi blockchain memungkinkan penerbit dan investor berinteraksi lebih langsung dibandingkan pasar modal tradisional.

Bitfinex Securities saat ini memiliki penawaran utang yang ditokenisasi untuk membangun hotel bermerek Hilton di Bandara Internasional El Salvador. Tokenisasi memfasilitasi pengalaman pengguna yang rendah friksi dan peningkatan kontrol atas aset dengan biaya yang lebih rendah bagi penerbit.

Teknologi Blockchain Telah Matang

Seiring dengan narasi RWA, blockchain telah matang, memudahkan perusahaan TradFi untuk menggunakan teknologi ini.

Nazarov menyatakan bahwa telah menjadi lebih mudah untuk membuat jaringan blockchain, men-tokenisasi aset, dan menyuntikkan data ke dalam token menggunakan Chainlink.

Kenaikan jaringan layer-2 Bitcoin dan sidechain juga bermanfaat untuk kasus penggunaan RWA yang ditokenisasi.

Teknologi seperti Liquid Network dari Blockstream memungkinkan investor untuk menarik aset yang ditokenisasi, mentransfernya ke platform lain, atau memperdagangkannya secara peer-to-peer dalam ekosistem yang terdaftar.

Tantangan Regulasi Dapat Menghambat Adopsi

rwa token 2024
Sumber: Ku Coin

Meskipun RWA yang ditokenisasi mendapatkan daya tarik, tantangan regulasi dapat menghambat adopsinya.

Anais Ofranc, Pendiri dan CEO firma konsultasi teknologi DLT, QualitaX, mengatakan bahwa standar token yang ada seperti ERC-20, ERC-721, dan ERC-1155 tidak cukup selaras dengan persyaratan regulasi RWA.

Baca juga: BlackRock Luncurkan Token Real World Asset (RWA), Bakal Seperti Apa?

Namun, standar seperti ERC-3643 atau ERC-1400 telah muncul. ERC-3643 menekankan kepatuhan melalui aturan transfer yang tertanam dalam token dan verifikasi identitas menggunakan standar yang ada.

ERC-1400 dirancang khusus untuk men-tokenisasi sekuritas, memungkinkan representasi berbagai kelas saham dalam satu struktur token.

Tantangan Teknis yang Masih Ada

Selain regulasi, masalah teknis juga dapat membatasi adopsi. Colin Cunningham, Kepala Tokenisasi dan Aliansi di Chainlink Labs, mengatakan bahwa tantangan terbesar untuk adopsi global aset yang ditokenisasi adalah fragmentasi ekosistem blockchain multi-rantai dan kompleksitas integrasi dengan berbagai blockchain.

Chainlink’s CCIP (Cross-Chain Interoperability Protocol) dapat mengatasi tantangan ini dengan menyediakan interoperabilitas aman antara rantai publik atau pribadi dan berfungsi sebagai lapisan abstraksi blockchain bagi institusi yang ingin berpartisipasi dalam ekonomi on-chain.

Secara keseluruhan, kemajuan seperti CCIP Chainlink dan standar yang muncul menunjukkan beberapa kemajuan yang dibuat untuk memungkinkan adopsi massal RWA yang ditokenisasi.

Para ahli industri optimis tentang potensi RWA yang ditokenisasi, dan tokenisasi menawarkan banyak manfaat bagi penerbit dan investor.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->