CoreWeave Perkuat Kesepakatan dengan Core Scientific Senilai $1,2 Miliar

Updated
June 26, 2024
Gambar CoreWeave Perkuat Kesepakatan dengan Core Scientific Senilai $1,2 Miliar

Jakarta, Pintu News – CoreWeave, penyedia layanan komputasi awan terkemuka, baru-baru ini memperluas kemitraannya dengan penambang Bitcoin Core Scientific dengan menjalankan opsi untuk memperoleh infrastruktur tambahan untuk unit pemrosesan grafis (GPU) NVIDIA.

Kesepakatan ini, yang disetujui pada awal Juni, membangun kesepakatan yang ada dan menambahkan $1,225 miliar tambahan pada pendapatan yang diharapkan oleh Core Scientific dari kesepakatan ini. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Peningkatan dan Perluasan Infrastruktur

Berdasarkan ketentuan perjanjian yang diperluas, Core Scientific akan meningkatkan fasilitasnya di Austin, Texas, untuk mengakomodasi tambahan 70 megawatt (MW) infrastruktur untuk CoreWeave, yang akan beroperasi pada paruh kedua tahun 2025.

Pengembangan ini terjadi ketika Core Scientific melaporkan bahwa mereka sebulan lebih cepat dari jadwal dalam mempersiapkan untuk menampung peningkatan kapasitas untuk CoreWeave.

Perjanjian awal yang dibuat pada awal Juni telah menetapkan rencana untuk infrastruktur 200 MW, senilai $3,5 miliar selama 12 tahun. Ekspansi baru-baru ini membawa total infrastruktur menjadi 270 MW. CoreWeave akan menanggung investasi modal yang diperlukan untuk ekspansi ini.

Baca Juga: TikTok Perkenalkan Avatar AI untuk Iklan dan Konten Bermerek!

Peluang AI dan Dampak Halving Bitcoin

Langkah strategis ini dilakukan setelah peristiwa halving Bitcoin pada bulan April, yang menyebabkan hadiah penambangan dipotong 50%, mendorong penambang seperti Core Scientific untuk mencari aliran pendapatan alternatif.

Dalam lingkungan ini, kecerdasan buatan menghadirkan jalan baru untuk pendapatan, terutama setelah dampak halving pada operasi penambangan tradisional.

Awal bulan ini, Core Scientific telah mengumumkan bahwa kontraknya dengan CoreWeave, yang digambarkan sebagai AI Hyperscaler, diperkirakan akan menghasilkan pendapatan tahunan rata-rata sekitar $290 juta, dengan total lebih dari $3,5 miliar selama 12 tahun perjanjian.

Baca Juga: OpenAI Luncurkan ChatGPT Edu untuk Universitas dan Program Khusus untuk Non-Profit

Industri Pertambangan Beralih ke AI

Industri pertambangan yang lebih luas juga semakin beralih ke AI untuk peluang pendapatan. Misalnya, pada tanggal 25 Juni, perusahaan pertambangan Kanada Hive Digital Technologies melaporkan peningkatan 8% dalam pendapatan tahun-ke-tahun, dengan total $114,5 juta untuk tahun keuangan yang berakhir 31 Maret.

Upaya ekspansi Hive telah ditujukan untuk menawarkan layanan komputasi kinerja tinggi (HPC) ke sektor-sektor seperti game, AI, dan rendering grafis, yang menunjukkan integrasinya ke dalam ledakan infrastruktur pusat data global.

Hive mengoperasikan fasilitas di seluruh Kanada, Islandia, dan Swedia, yang menggambarkan penyebaran geografis dan posisi strategis perusahaan yang memanfaatkan permintaan yang berkembang untuk kemampuan komputasi canggih di berbagai industri.

Kesimpulan

Kesepakatan yang diperluas antara CoreWeave dan Core Scientific menunjukkan pergeseran yang lebih luas dalam industri pertambangan menuju solusi komputasi alternatif. Dengan memanfaatkan peluang yang muncul di bidang AI dan HPC, perusahaan pertambangan dapat mendiversifikasi aliran pendapatan mereka dan memitigasi dampak dari peristiwa halving Bitcoin di masa mendatang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->