Wih! Kacamata Holografis Prototipe Meta Digadang-gadang akan Mengubah Permainan Web3

Updated
July 1, 2024
Gambar Wih! Kacamata Holografis Prototipe Meta Digadang-gadang akan Mengubah Permainan Web3

Jakarta, Pintu News – Mark Zuckerberg dari Meta percaya bahwa kacamata pintar dengan tampilan holografis secara perlahan akan menggantikan ponsel sebagai perangkat komunikasi dan komputasi utama umat manusia.

Dalam wawancara terbaru dengan YouTuber Kane “Kalloway” Sutter, Zuckerberg membahas berbagai topik termasuk kecerdasan buatan dan open source.

Ketika ditanya oleh Kalloway tentang produk masa depan Meta yang paling menarik, Zuckerberg memberikan dukungan penuh untuk satu set kacamata — jenis yang Anda pakai di wajah — yang dilengkapi dengan kamera, mikrofon, speaker, dan tampilan holografis dengan bidang pandang penuh (FOV).

Melampaui Ray-Ban Meta

Para pakar di dunia periklanan dan teknologi sering kali mengejek Meta dan Zuckerberg karena beralih dari “Facebook” menjadi “Meta,” perusahaan yang bekerja di Metaverse. Namun, Zuckerberg optimis bahwa ponsel pintar berada pada awal akhir masa kejayaannya dan kacamata pintar akan menjadi hal besar berikutnya.

Baca juga: Keren, Hyundai Luncurkan Robot Pengantar Kopi dan Asisten Parkir di Seoul!

Dia menjelaskan bahwa tampilan holografis yang dapat dikenakan tidak sepenuhnya akan menggantikan ponsel pintar, seperti halnya ponsel pintar tidak sepenuhnya menggantikan komputer desktop atau laptop.

Namun, dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang tepat, Zuckerberg percaya bahwa kacamata pintar akan menjadi cukup berguna bagi kebanyakan orang untuk meninggalkan ponsel mereka di saku sebagian besar waktu.

Produk Masa Depan Meta

Facebook Pay Berganti Menjadi Meta Pay
Sumber: Gizmodo

Meta memiliki tiga produk terpisah dalam pikirannya. Pertama, produk kacamata tanpa layar dengan AI suara (yang sudah ada di Ray-Ban Meta), kedua, kacamata dengan sedikit tampilan heads-up tanpa holografi penuh, dan akhirnya, versi premium dengan tampilan holografis FOV penuh.

Meta berharap menjembatani kesenjangan antara Ray-Ban Meta, produk tanpa tampilan, dan headset besar yang lebih cocok untuk realitas virtual (VR) daripada realitas campuran/augmented (A/MR).

Zuckerberg menjelaskan bahwa kacamata dengan tampilan holografis FOV penuh akan memungkinkan komunikasi real-time yang mulus, overlay informasi, tampilan heads-up mirip dengan yang ada di permainan video atau peralatan operator militer, dan banyak lagi.

Dan mereka tidak akan jauh lebih besar dari kacamata biasa — “mereka jelas adalah kacamata, bukan headset,” tegasnya.

Baca juga: Google dan Magic Leap Berkolaborasi untuk Membangun Masa Depan Augmented Reality

Interface Neural Tanpa Operasi

Kasus penggunaan menarik lainnya untuk kacamata pintar adalah sebagai tampilan utama untuk interface neural. Interface neural teknologi besar yang paling populer saat ini mungkin adalah Neuralink milik Elon Musk, tetapi itu memiliki kekurangan karena memerlukan prosedur invasif untuk menginstalnya.

Menurut Zuckerberg:

“Saya pikir kebanyakan orang tidak akan menginginkan sesuatu yang terhubung ke otak mereka.” Meta saat ini sedang mengerjakan gelang neural, perangkat yang dapat dikenakan yang mengukur dan menafsirkan sinyal saraf, bukan antarmuka komputer otak yang mengukur sinyal langsung dari otak.

Gelang neural Meta ini secara potensial dapat memungkinkan gerakan fisik yang hampir tidak terlihat seperti kedutan jari diterjemahkan menjadi komunikasi digital.

Dikombinasikan dengan prototipe tampilan holografis FOV penuh Meta, ini dapat mengubah dunia nyata menjadi ruang kerja dan taman bermain Web3 yang tak terbatas.

Umpan Balik Awal yang Positif

Zuckerberg menyatakan bahwa Meta mengambil waktu untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik, tetapi umpan balik awal sangat positif:

“Kami hampir siap untuk mulai menunjukkan versi prototipe dari kacamata holografis penuh. Kami tidak akan menjualnya secara luas. Kami fokus membangun versi konsumen penuh dari produk ini daripada menjual prototipenya. Tapi kami akan mulai mendemonstrasikan prototipe kepada orang-orang, dan itu luar biasa. Setiap orang yang telah saya tunjukkan sejauh ini … reaksi mereka, itu … gembira.”

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->