Peluncuran ETF Ethereum Ditunda oleh SEC Hingga Pertengahan Juli 2024

Updated
July 2, 2024
Gambar Peluncuran ETF Ethereum Ditunda oleh SEC Hingga Pertengahan Juli 2024

Jakarta, Pintu News ā€“ Peluncuran dana yang diperdagangkan di bursa crypto (ETF) Ether spot berbasis di Amerika Serikat, yang banyak diperkirakan akan terjadi pada awal Juli, telah ditunda oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC).

Menurut analis ETF Bloomberg Eric Balchunas dan James Seyffart, SEC membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengembalikan formulir S-1 yang diajukan oleh penerbit ETF Ether spot yang prospektif, mendorong peluncuran hingga pertengahan Juli atau lebih.

Komentar SEC Menunda Proses

SEC mengomentari formulir S-1 dan meminta pengajuan ulang pada tanggal 8 Juli. Menurut Balchunas, jadwal baru ini berarti peluncuran ETF Ethereum spot bisa ditunda hingga pertengahan atau akhir Juli. Presiden ETF Store, Nate Geraci, mencatat bahwa putaran revisi S-1 terakhir relatif kecil, memprediksi bahwa SEC akan menyetujui penerbit untuk perdagangan dalam 14-21 hari. Meskipun jadwal pastinya masih belum pasti, SEC telah mengindikasikan kemungkinan peluncuran musim panas ini.

Baca Juga: Mengenal Mother Iggy ($MOTHER) Crypto: Visi, Misi, dan Pergerakan Harganya!

Proses Dua Tahap untuk ETF Ethereum

Persetujuan formulir S-1 adalah bagian kedua dari proses dua tahap yang diperlukan agar ETF dapat ditayangkan. Bagian pertama melibatkan persetujuan formulir 19b-4 dari penerbit pada bulan Mei. SEC menyetujui pengajuan 19b-4 dari delapan penawar ETF pada 23 Mei. Tidak seperti formulir 19b-4, formulir S-1 tidak terikat pada batas waktu tertentu, sehingga penerbit bergantung pada jadwal SEC untuk peninjauan dan persetujuan.

Pada tanggal 26 Juni, Ketua SEC Gary Gensler mengkonfirmasi bahwa proses persetujuan untuk ETF Ether spot berjalan lancar. SEC telah menyetujui perubahan aturan yang memungkinkan penerbit besar, termasuk BlackRock, Fidelity Investment, 21Shares, Grayscale, Franklin Templeton, VanEck, iShares, dan Invesco, untuk berpartisipasi dalam proses ini.

Selain itu, penerbit seperti VanEck telah mengajukan formulir 8-A yang mempersiapkan listing di bursa pada tanggal 8 Juli. Namun, Gensler mengklaim bahwa listing ETF Ether spot di bursa saham dapat memakan waktu berbulan-bulan dan mungkin tidak terjadi hingga September. Gensler menyatakan bahwa proses tersebut sepenuhnya tergantung pada waktu tanggapan para pelamar.

Baca Juga: Degen Spin: Game Berbasis Solana yang Berpotensi Guncang Dunia Crypto 2024!

SEC Mengembalikan Formulir S-1 kepada Penerbit ETF Ethereum

SEC mengembalikan formulir S-1 kepada penerbit ETF Ethereum dalam putaran terbaru bolak-balik sebelum mereka mulai efektif. Formulir tersebut dikembalikan dengan komentar ringan, menurut sumber di salah satu penerbit. Para penerbit diminta untuk mengatasi komentar tersebut dan mengajukannya kembali pada tanggal 8 Juli.

Sumber tersebut mencatat bahwa ketika formulir dikembalikan, ini bukan pengajuan akhir. Artinya, akan ada setidaknya satu putaran pengajuan lagi sebelum ETF akhirnya dapat mulai diperdagangkan. Proses ini menggambarkan jalur berliku menuju live-nya ETF.

Proses Menuju ETF Beroperasi

Formulir S-1 adalah bagian kedua dari proses dua tahap untuk ETF beroperasi. Bagian pertama melihat persetujuan formulir 19b-4 dari penerbit pada bulan Mei menjelang batas waktu kunci. Namun, S-1 tidak terikat pada batas waktu tertentu dan penerbit bergantung pada seberapa cepat SEC dapat menanganinya.

Meskipun ada laporan bahwa ETF dapat beroperasi secepat 4 Juli, ini sekarang tidak mungkin. Penerbit juga belum mengetahui kapan ETF akan beroperasi. Mereka hanya akan memiliki gambaran yang lebih jelas begitu SEC memberi mereka batas waktu untuk pengajuan akhir.

Ketua SEC Gary Gensler sebelumnya mengatakan bahwa persetujuan ETF Ethereum dapat terjadi ā€œselama musim panas iniā€ tetapi tidak memberikan jadwal yang lebih jelas.

Baca Juga: Mengenal Mother Iggy ($MOTHER) Crypto: Visi, Misi, dan Pergerakan Harganya!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->