Mt. Gox Lunasi Utang: Korban Terima Bitcoin & BCH Penuh, Investor Khawatir Harga BTC Turun!

Updated
July 7, 2024
Gambar Mt. Gox Lunasi Utang: Korban Terima Bitcoin & BCH Penuh, Investor Khawatir Harga BTC Turun!

Jakarta, Pintu News ā€“ Setelah satu dekade lamanya, saga kebangkrutan Mt. Gox akhirnya menemui titik terang dengan dimulainya proses pembayaran kepada para kreditor. Pada tanggal 5 Juli, sejumlah kreditor Mt. Gox mulai menerima Bitcoin dan Bitcoin Cash di akun mereka. Namun, beberapa investor crypto khawatir akan dampaknya terhadap pasar.

Mt. Gox adalah bursa Bitcoin terbesar di dunia sepuluh tahun yang lalu, menangani sekitar 70% dari semua transaksi BTC. Pada tahun 2014, bursa tersebut mengalami dugaan pelanggaran keamanan yang mengakibatkan hilangnya 850.000 BTC dan akhirnya kebangkrutan platform perdagangan.

Pembayaran Bergulir, Kreditor Jepang Pertama

Pembayaran Bergulir, Kreditor Jepang Pertama
Alex Thorn on X

Satu dekade kemudian, pengguna Mt. Gox yang terkena dampak mulai menerima pembayaran yang telah lama ditunggu-tunggu. Mark KarpelĆØs, mantan CEO Mt. Gox, menyatakan kegembiraannya dalam sebuah postingan di X bahwa proses pembayaran akhirnya dimulai:

ā€œPelanggan MtGox akhirnya mulai menerima Bitcoin! Setelah lebih dari 10 tahun, saya tidak yakin lagi apakah itu akan terjadi, tetapi akhirnya kita sampai di sini! Ini adalah perjalanan yang panjang dan saya senang melihat kita akhirnya sampai di sana, hanya sedikit lagiā€¦ā€

Kurator Rehabilitasi, Nobuaki Kobayashi, merilis pemberitahuan pada tanggal 5 Juli yang mengungkapkan bahwa mereka telah melakukan pembayaran dalam BTC dan BCH kepada beberapa kreditor. Pembayaran dilakukan melalui sebagian Bursa Crypto yang Ditunjuk sesuai dengan Rencana Rehabilitasi.

Baca Juga: Shiba Inu: Aktivitas Whale SHIB Turun 100%, Apakah Ini Peluang untuk Juli 2024?

Investor Khawatir Penurunan Harga Bitcoin

Investor crypto tetap khawatir dengan pasar karena harga Bitcoin telah terpukul setelah berita pembayaran. Beberapa anggota komunitas khawatir bahwa aksi jual besar-besaran dari kreditor akan menyusul meskipun ada jaminan bahwa banyak yang akan menahan Bitcoin mereka.

Meskipun demikian, beberapa kreditor telah menyatakan keinginan mereka untuk mengambil keuntungan dari token mereka. ā€œPada tahap ini, segera setelah saya mendapatkannya, saya akan menjualnya di Kraken,ā€ kata seorang pengguna, menunjukkan bahwa sebagian besar pengguna yang terkena dampak mungkin merasa telah pulih dari kerugian mereka, jadi ā€œItu semua bonus.ā€

Akibatnya, beberapa percaya bahwa pembayaran harus dilakukan dalam beberapa tahap untuk mencegah penurunan pasar lebih lanjut. Jurnalis terkenal Tim Copeland ikut mengomentari situasi tersebut, menyatakan kekhawatirannya tentang keuntungan yang mungkin dimiliki penerima awal atas kreditor lainnya.

Penutup

Tampaknya, pengguna dari bursa seperti Kraken memiliki kerugian dibandingkan dengan kreditor Jepang karena mereka belum memiliki akses ke token Bitcoin dan Bitcoin Cash mereka. Hal ini memungkinkan pengguna Jepang untuk menjual BTC mereka sebelum kreditor lainnya, yang dapat memengaruhi penerima yang terlambat jika harga terus turun.

Pada akhirnya, sebagian komunitas crypto tampak bearish setelah BTC jatuh ke $54.000 sebelumnya hari ini. Pada saat penulisan, BTC diperdagangkan pada $55.520, turun 2,5% dalam 24 jam terakhir.

Baca Juga: XRP Whale Beraksi: Akankah Harga XRP Meroket di Juli 2024?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->