Harga Bitcoin Terancam Anjlok: Analis Perkirakan Likuidasi Besar-Besaran di Pasar Futures

Updated
July 8, 2024
Gambar Harga Bitcoin Terancam Anjlok: Analis Perkirakan Likuidasi Besar-Besaran di Pasar Futures

Jakarta, Pintu News – Harga Bitcoin baru-baru ini mengalami penurunan tajam, dari $62.000 menjadi $53.300, mengejutkan pasar crypto dan memupus banyak mimpi bullish. Pasar futures mencatat likuidasi long senilai $263 juta dalam tiga hari. Biasanya, likuidasi tinggi seperti itu cenderung menenangkan investor dan membuat mereka mundur untuk membiarkan pasar mendingin.

Namun, pemegang BTC tampaknya tidak setuju dengan pendapat ini. Penurunan ini dianggap sebagai dampak dari pidato bearish Ketua Federal Reserve atau Fed Jerome Powell awal pekan ini. Oleh karena itu, investor mengharapkan pemulihan yang cepat dan siap untuk mengambil keuntungan darinya.

Perbedaan Membeli Futures dan Spot

Analis Willy Woo menyoroti hal ini dalam penjelasannya tentang perbedaan antara membeli futures dan membeli spot. Dia menunjukkan bahwa yang pertama menghasilkan lingkungan bearish dan menyatakan bahwa ini dapat menyebabkan kerugian lebih lanjut.

Menurut Bitcoin Open Value Oscillator, sekitar setengah juta kontrak long masih terbuka di pasar futures. Jika harga Bitcoin turun lebih jauh, long ini dapat dilikuidasi. Ini akan mengakibatkan periode bearish yang panjang untuk BTC.

Baca Juga: Notcoin Meroket di Tengah Pemulihan Pasar Crypto: Peluang Besar atau Gelembung?

Harga BTC: Memvalidasi Pola

Harga Bitcoin, yang diperdagangkan pada $56.961, stabil setelah hampir jatuh ke $53.300 kemarin. Cryptocurrency belum memenuhi penurunan 17% yang diharapkan yang timbul dari formasi double top dari 4 bulan lalu. Prediksi ini menargetkan penurunan ke $50.900, yang akan menyebabkan likuidasi long besar-besaran, seperti yang disebutkan di atas.

Jika BTC kehilangan support $55.000, ini akan menjadi lebih mungkin. Di sisi lain, jika harga Bitcoin berhasil bangkit kembali dari $55.000 dan membalik $58.800 menjadi support lagi, pemulihan bisa dimulai. Ini akan memungkinkan kenaikan ke $60.000 untuk membatalkan tesis bearish.

Penutup

Pasar crypto dan Bitcoin saat ini berada dalam situasi yang tidak pasti. Investor crypto bullish percaya bahwa penurunan baru-baru ini hanyalah kemunduran sementara, sementara analis bearish memperkirakan penurunan lebih lanjut. Hanya waktu yang akan memberi tahu siapa yang benar.

Baca Juga: Shiba Inu Meroket 17%, Apa Artinya untuk Masa Depan Memecoin Ini?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->