Bitcoin: Harga Terus Turun ke $44.000 atau Menguat Hingga Oktober 2024? Ini Analisisnya!

Updated
July 10, 2024
Gambar Bitcoin: Harga Terus Turun ke $44.000 atau Menguat Hingga Oktober 2024? Ini Analisisnya!

Jakarta, Pintu News – Bitcoin telah mengalami volatilitas yang signifikan dalam sesi perdagangan terakhir, mengisyaratkan sentimen investor crypto yang rapuh. Sebelumnya hari ini, aset tersebut melonjak hingga $57.300. Namun, aset tersebut sekarang tampaknya telah kehabisan tenaga setelah mencapai angka ini karena diperdagangkan pada $55.966, turun 1,6%.

Lonjakan volatilitas ini merupakan tanda bahwa pasar menjadi lebih takut karena para trader mengamati beberapa level teknis utama. Namun, data terbaru menunjukkan perubahan pola trader karena lebih banyak strategi defensif yang dicari.

Analis dari ETC Group melaporkan telah mencatat peningkatan substansial dalam minat terbuka pada opsi Bitcoin, menunjukkan preferensi strategis untuk perlindungan sisi bawah. Hal ini diilustrasikan oleh lonjakan volatilitas tersirat untuk opsi jangka pendek, yang menunjukkan lebih banyak aksi harga jangka pendek.

Wawasan dari Pasar Opsi: Sekilas tentang Sentimen Trader

Pasar perdagangan opsi Bitcoin telah memberikan gambaran tentang suasana pasar saat ini. Data terbaru dari Deribit menunjukkan rasio put-call—metrik yang membandingkan volume perdagangan opsi put versus opsi call—lebih tinggi dari 1, menunjukkan bahwa pasar crypto masih bearish berdasarkan apa yang dilakukan trader.

Fakta bahwa kita melihat keselarasan seperti itu di pasar menunjukkan bahwa sebagian besar pasar bersiap untuk kemungkinan Bitcoin melanjutkan penurunannya. Analis ETC Group setuju dengan pandangan seperti itu, mencatat struktur volatilitas jangka yang aneh: volatilitas tersirat yang lebih tinggi pada opsi jangka pendek versus opsi jangka panjang—karakteristik tradisional dari bearishness yang berlebihan di pasar.

Baik lonjakan rasio volume put-call maupun kemiringan opsi delta 25 1 bulan menandakan peningkatan permintaan yang signifikan untuk perlindungan sisi bawah. Volatilitas tersirat opsi BTC juga telah sedikit meningkat selama penurunan terbaru. Volatilitas tersirat dari opsi ATM Bitcoin 1 bulan saat ini berada di sekitar 50,5% p.a.

Struktur volatilitas jangka juga terbalik sekarang dengan opsi jangka pendek diperdagangkan pada volatilitas tersirat yang jauh lebih tinggi daripada opsi jangka panjang. Ini cenderung menjadi tanda bearishness yang berlebihan di pasar opsi.

Baca Juga: Token Crypto Selebriti Akan “Pasti” Menarik Perhatian SEC, Kata Pengacara, Benarkah?

Menavigasi Ketidakpastian Pasar

peter brandt bitcoin
Sumber: Bitcoin Sistemi

Dinamika ini sangat terasa di pasar, dengan banyak suara terkemuka mengomentari jalur potensial untuk Bitcoin. Trader Peter Brandt mengisyaratkan bahwa ia memperkirakan Bitcoin akan membentuk pengaturan puncak ganda, sebuah tanda bearish yang menyiratkan penurunan harga sedalam $44K.

Brandt, bagaimanapun, juga menerima bahwa konstruksi tersebut mungkin tidak memenuhi semua persyaratan pola teknis dan memungkinkan konsekuensi harga yang berbeda. Pandangan yang lebih positif datang dari Timothy Peterson. Dia mengatakan bahwa karena Bitcoin dapat mengakhiri Juli di atas $50.000, ia memiliki “peluang kuat” untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkan nilainya hingga Oktober.

Baca Juga: Notcoin Meroket 500% dalam 2 Minggu, Apakah Ledakan NOT Terus Berlanjut di Juli? (10/7/24)

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

*Featured Image: Generated by AI

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->