Bitcoin ETF Alami Peningkatan Inflow Sebesar $311 Juta: Pasar Crypto Segera Pulih Juli 2024?

Updated
July 14, 2024
Gambar Bitcoin ETF Alami Peningkatan Inflow Sebesar $311 Juta: Pasar Crypto Segera Pulih Juli 2024?

Jakarta, Pintu News – Dalam beberapa minggu terakhir, ETF Bitcoin di AS telah mengalami peningkatan besar dalam aliran dana, mencatatkan inflow lebih dari $1,1 miliar. Perkembangan ini terjadi di tengah penjualan besar-besaran oleh pemerintah Jerman, namun tetap berhasil menahan volatilitas harga Bitcoin.

Lonjakan Dana ke Bitcoin ETF di AS

ETF Bitcoin spot di AS telah mencatat inflow berturut-turut selama enam sesi perdagangan terakhir. Ini merupakan inflow mingguan terbaik yang tercatat sejak bulan Mei. Menurut data dari HODL15Capital, kepemilikan Bitcoin oleh ETF di AS telah mencapai rekor tertinggi sepanjang masa, yaitu 888.607 BTC.

Pada Jumat, 12 Juli, total inflow dari Bitcoin ETF di AS mencapai angka mengejutkan $311 juta, dengan BlackRock’s IBIT memimpin dengan inflow sebesar $121 juta. Fidelity’s FBTC berada di posisi kedua dengan $115 juta inflow pada hari yang sama. Tidak ada ETF Bitcoin spot yang mengalami outflow, termasuk Grayscale’s GBTC.

Baca Juga: 6 Crypto yang Harus Diwaspadai Saat $177 Juta Token Akan Di-unlock di Juli 2024

Kepemilikan Global Bitcoin ETF Mencapai Rekor Tertinggi

Tidak hanya ETF Bitcoin di AS, tetapi ETF global yang memiliki eksposur terhadap Bitcoin juga telah melihat lonjakan kepemilikan ke rekor tertinggi sepanjang masa, yaitu 1.051.569 BTC. ETF Bitcoin Hong Kong juga terus mengakumulasi secara diam-diam dengan total kepemilikan BTC mencapai rekor baru sebesar 4.941 BTC.

Menariknya, perkembangan ini terjadi bersamaan dengan pemerintah Jerman yang melikuidasi semua kepemilikan Bitcoinnya selama sebulan terakhir. Tampaknya aliran dana ke ETF berhasil menyerap tekanan jual pada Bitcoin, menunjukkan bahwa permintaan institusional untuk produk bitcoin yang diatur tetap utuh meskipun ada volatilitas harga saat ini.

Kesimpulan

Dengan inflow besar ke ETF Bitcoin, baik di AS maupun global, pasar crypto menunjukkan ketahanan dan minat institusional yang kuat terhadap produk Bitcoin yang diatur. Ini bisa menjadi indikator positif untuk masa depan Bitcoin dan pasar crypto secara keseluruhan.

Baca Juga: 3 Altcoin yang Berpotensi Meroket 100% Jelang Persetujuan ETF Ethereum yang Wajib Kamu Tahu!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

*Featured Image: Crypto Economy

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->