FTX Capai Kesepakatan $12,7 Miliar dengan CFTC: Langkah Penting Menuju Reorganisasi!

Updated
July 18, 2024
Gambar FTX Capai Kesepakatan $12,7 Miliar dengan CFTC: Langkah Penting Menuju Reorganisasi!

Jakarta, Pintu News – Setelah negosiasi selama berbulan-bulan, pertukaran mata uang kripto yang bangkrut, FTX, telah mencapai kesepakatan senilai $12,7 miliar dengan Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas AS (CFTC).

Kesepakatan ini menyelesaikan gugatan yang berlangsung selama 19 bulan dan sekarang hanya menunggu persetujuan pengadilan. Simak berita lengkapnya disini!

Kronologi Kesepakatan

FTX setuju untuk membayar $8,7 miliar dalam bentuk restitusi dan $4 miliar dalam bentuk disgorgement.

Kesepakatan ini muncul setelah negosiasi panjang dan dokumen pengadilan yang dirilis pada 12 Juli menunjukkan bahwa kesepakatan tersebut merupakan komponen integral dari rencana reorganisasi bab 11 yang diusulkan oleh debitur.

Pengacara senior uji coba CFTC, Carlin R. Metzger, dan CEO FTX, John J. Ray III, menyatakan,

“Kesepakatan yang diusulkan ini adalah komponen penting dan berharga dari rencana reorganisasi bab 11 debitur. Ini menyelesaikan litigasi dan sengketa yang sedang berlangsung dengan salah satu kreditur terbesar debitur, menghindari biaya dan penundaan litigasi lebih lanjut, serta mengurangi risiko signifikan pengurangan aset yang tersedia untuk distribusi kepada kreditur.”

Baca Juga: ETF Spot Bitcoin BlackRock Menarik Aliran Dana $260 Juta dalam Sehari

Dampak Kesepakatan terhadap Kreditur

ftx dan cftc
Kutipan dari usulan penyelesaian FTX dengan CFTC. Sumber: Kroll

Kesepakatan ini datang setelah CFTC menggugat FTX, mantan CEO Sam Bankman-Fried, dan perusahaan perdagangan afiliasi FTX, Alameda Research, pada Desember 2022 dengan tuduhan penipuan dan penyampaian informasi yang salah dengan memasarkan FTX.com sebagai platform aset komoditas digital.

Kesepakatan tersebut tidak termasuk denda moneter sipil, dengan FTX menyatakan bahwa “Menghadapi perilaku, pengakuan bersalah, dan hukuman dari orang dalam FTX, debitur menghadapi potensi tanggung jawab yang sangat besar kepada CFTC.” Regulator komoditas ini adalah “kreditur tunggal paling signifikan” dalam kasus kebangkrutan bab 11, tambah FTX.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang dari Airdrop Kripto Tanpa Modal

Rencana Reorganisasi dan Pemungutan Suara Kreditur

Sidang tentang kesepakatan ini dijadwalkan pada 6 Agustus di Pengadilan Kebangkrutan untuk Distrik Delaware.

Rencana reorganisasi yang diusulkan oleh FTX akan melihat pengembalian sebesar 118% untuk 98% dari kreditur—mereka yang memiliki klaim di bawah $50.000—berdasarkan nilai dolar AS pada saat pengajuan kebangkrutan FTX pada November 2022.

Namun, banyak kreditur FTX lebih memilih untuk menerima pembayaran dalam bentuk mata uang kripto, yang akan memperhitungkan kenaikan kapitalisasi pasar sebesar 166% sejak FTX mengajukan kebangkrutan.

Kreditur saat ini sedang memberikan suara tentang bagaimana mereka lebih memilih untuk dibayar. Mereka memiliki waktu hingga 16 Agustus sebelum Hakim Pengadilan Kebangkrutan AS John Dorsey membuat keputusan akhir pada 7 Oktober.

Kesimpulan

Kesepakatan ini memberikan kepastian yang sangat dibutuhkan tentang besarnya klaim CFTC yang diizinkan dan memungkinkan kasus-kasus bab 11 ini bergerak cepat menuju resolusi, sehingga memungkinkan distribusi cepat kepada kreditur dan pelanggan lainnya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->