ETF Ethereum Meledak! Volume Perdagangan Tembus $1,1 Miliar di Hari Pertama

Updated
July 24, 2024
Gambar ETF Ethereum Meledak! Volume Perdagangan Tembus $1,1 Miliar di Hari Pertama

Jakarta, Pintu News – Peluncuran Exchange-Traded Funds (ETF) Ethereum di Amerika Serikat mencatatkan pencapaian luar biasa dengan volume perdagangan mencapai $1,1 miliar hanya dalam hari pertama.

Keberhasilan ini menunjukkan minat besar di pasar dan potensi perubahan signifikan dalam investasi cryptocurrency.

Volume Perdagangan Mencapai $1,1 Miliar

Pada tanggal 23 Juli 2024, ETF Ethereum mulai diperdagangkan, dan dalam satu hari, total volume perdagangan hampir mencapai $1,1 miliar.

Baca juga: Aliran Tahunan ETF Ethereum Diprediksi Capai $4.8 Miliar – $6.4 Miliar

Analis Bloomberg, Eric Balchunas, mencatat bahwa nilai perdagangan gabungan ETF baru ini adalah 23% dari apa yang diperdagangkan di ETF Bitcoin spot pada hari pertama mereka. Dari jumlah ini, BlackRock’s Ethereum ETF (ETHA) menyumbang 25% dari volume yang terdaftar oleh ETF Bitcoin spot (IBIT).

Sementara itu, James Seyffart, analis pasar lainnya, memperkirakan bahwa aliran bersih untuk hari itu bisa berada di antara $125 juta dan $325 juta tergantung pada jumlah investor yang sudah ada sebelumnya.

Perbedaan antara Grayscale’s long-standing Ethereum Trust (ETHE) dan ETF baru yang diluncurkan adalah $625 juta yang diharapkan akan menarik lebih banyak aliran masuk.

Tren Harga ETH

Peluncuran ETF ini telah menimbulkan berbagai ekspektasi tentang harga Ethereum dan hubungannya dengan Bitcoin.

Chief Investment Officer Bitwise, Matt Hougan, menambahkan bahwa investor kemungkinan juga akan memiliki BTC dan ETH sebagai lindung nilai. Hougan merekomendasikan portofolio yang dibagi menjadi 60% dalam Bitcoin ETP, 30% dalam Ethereum ETP, dan 10% sisanya dalam Crypto Equities ETP.

Sentimen serupa disuarakan oleh analis pasar lain yang percaya bahwa Ethereum akan meniru kinerja Bitcoin setelah peluncuran ETF. Meskipun ada aktivitas perdagangan yang tinggi, harga Ethereum hanya turun sedikit sebesar 1% pada hari pertama perdagangan ETF.

Pola ini mirip dengan aksi harga Bitcoin dalam periode setelah peluncuran ETF di mana harga aset digital hanya naik beberapa minggu setelah perdagangan awal dimulai.

Baca juga: Bitwise Sumbangkan 10% Keuntungan ETF Ethereum untuk Para Pengembang

Potensi Pertumbuhan Ethereum Pasca Peluncuran ETF

Dengan hasil yang kuat dari ETF Ether, analis optimis tentang nilai masa depan aset ini. Namun, harga perlu menembus level resistensi saat ini di sekitar $3.730 untuk memulai reli harga.

Rasio harga Ethereum terhadap Bitcoin juga naik menjadi 0,05 dari level pra-persetujuan sebesar 0,045. Peningkatan ini menunjukkan bahwa rasio Ethereum terhadap Bitcoin meningkat yang bisa menjadi sinyal keunggulan lebih lanjut dari Ethereum.

ETF Ethereum yang terdaftar di Amerika Serikat menghasilkan sekitar $1,08 miliar dalam volume perdagangan kumulatif pada hari pertama perdagangannya, atau sekitar 23% dari apa yang dilihat oleh ETF Bitcoin spot pada hari pembukaan mereka.

Grayscale Ethereum Trust (ETHE) yang dikonversi dan BlackRock’s iShares Ethereum Trust (ETHA) melihat volume terbesar pada 23 Juli dengan masing-masing $458 juta dan $248,7 juta.

Sementara itu, Fidelity Ethereum Fund (FETH) dan Bitwise Ethereum ETF (ETHW) melengkapi empat besar dengan $137,2 juta dan $94,3 juta.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, dengan pencapaian yang luar biasa ini, ETF Ether menunjukkan potensi besar dalam menarik minat investor dan mengubah lanskap investasi cryptocurrency. Keberhasilan ini juga menunjukkan bahwa Ethereum memiliki potensi untuk bersaing dengan Bitcoin dalam hal dominasi pasar dan pertumbuhan jangka panjang.

Peluncuran ETF ini membuka peluang baru bagi investor untuk berpartisipasi dalam pasar cryptocurrency dengan cara yang lebih terstruktur dan diatur.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Bitcoin Sensus

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->