FTX Klaim Punya Miliaran Dolar Lebih untuk Bayar Korban, Benarkah?

Updated
June 18, 2024
Gambar FTX Klaim Punya Miliaran Dolar Lebih untuk Bayar Korban, Benarkah?

Jakarta, Pintu News ā€“ FTX, bursa crypto yang kolaps pada November 2022, mengklaim memiliki miliaran dolar lebih dari yang dibutuhkan untuk membayar kembali para korbannya. Perusahaan tersebut mengatakan bahwa setelah menjual aset yang tersisa, mereka akan memiliki sebanyak $16,3 miliar (Ā£13 miliar) untuk menutupi hutang, yang mencapai sekitar $11 miliar.

Rencana Reorganisasi FTX

Rencana reorganisasi perusahaan mengatakan bahwa hampir semua pelanggannya akan mendapatkan setidaknya jumlah total yang mereka hilang ketika FTX runtuh. Pada bulan Maret tahun ini, salah satu pendiri FTX, Sam Bankman-Fried, dijatuhi hukuman 25 tahun penjara karena menipu pelanggan dan investor crypto dari perusahaan yang sekarang bangkrut tersebut.

ā€œKami senang berada dalam posisi untuk mengusulkan rencana Bab 11 yang mempertimbangkan pengembalian 100% dari jumlah klaim kebangkrutan ditambah bunga untuk kreditor non-pemerintah,ā€ kata kepala eksekutif baru FTX, John Ray. Rencana tersebut masih perlu disetujui oleh pengadilan kebangkrutan AS.

Baca Juga: Total Arus Keluar Mingguan untuk Dana Aset Digital Mencapai $600 dalam Seminggu Terakhir!

Aset Dijual untuk Bayar Hutang

nilai klaim ftx
Sumber: Bitcoin Sistemi

FTX mengatakan telah mengumpulkan dana untuk membayar hutangnya dengan menjual aset investasi yang dipegang oleh bisnis Alameda Research atau FTX Ventures. Alameda adalah perusahaan perdagangan crypto yang dikendalikan oleh Bankman-Fried.

FTX menambahkan bahwa lonjakan harga crypto sejak perusahaan tersebut gagal tidak memberikan dorongan besar bagi keuangannya. Dikatakan bahwa hampir semua Bitcoin dan mata uang digital lainnya yang diyakini telah dipegang oleh bursa pada saat keruntuhannya hilang.

Harga Bitcoin, mata uang crypto terbesar, telah naik sekitar 270% sejak perusahaan tersebut mengajukan kebangkrutan lebih dari satu setengah tahun yang lalu.

FTX: Dari Puncak ke Jurang

FTX adalah salah satu platform crypto terbesar di dunia sebelum kejatuhannya. Bankman-Fried menikmati status selebritas dan platformnya menarik jutaan pelanggan.

Setelah laporan bahwa FTX dalam masalah, pelanggan menarik miliaran dolar dari FTX, memicu keruntuhan perusahaan dan mengungkap sejauh mana kejahatan Bankman-Fried.

Penutup

Klaim FTX memiliki miliaran dolar lebih untuk membayar korbannya masih harus dibuktikan. Rencana reorganisasi perusahaan masih perlu disetujui oleh pengadilan kebangkrutan AS.

Baca Juga: Australia Akan Atur Stablecoin, ASIC Peringatkan Entitas Crypto

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->