Blockchain Khusus untuk NFT, Apa itu Zora Network?

Update 12 Jun 2024 • Waktu Baca 5 Menit
Gambar Blockchain Khusus untuk NFT, Apa itu Zora Network?
Reading Time: 5 minutes

Ketika blockchain L2 Ethereum berlomba untuk menjadi platform terbaik bagi aplikasi DeFi, Zora Network hadir dengan fokus pada pelayanan NFT. Sebagai solusi Layer 2 yang menggunakan teknologi Optimism, Zora menawarkan transaksi yang cepat dan biaya gas yang rendah. Hal ini membuatnya menjadi pilihan ideal bagi seniman dan kreator digital. Dengan marketplace NFT yang didesain khusus, Zora mempermudah proses pencetakan dan perdagangan NFT, sehingga membuka peluang baru bagi kreator untuk memonetisasi karya mereka. Apa itu Zora Network dan apakah ia akan menjadi pemain kunci dalam ekosistem NFT? Yuk, cari tahu jawabannya.

Ringkasan Artikel

  • ⛓️ Zora Network adalah blockchain Layer 2 yang dibangun di atas Ethereum. Ia dioptimalkan khusus untuk NFT dengan menyediakan infrastruktur yang efisien, cepat, dan hemat biaya.
  • 🎨 Zora Network memiliki marketplace NFT bernama Zora. Tidak hanya gambar, pengguna dapat menjual karya berupa video, tulisan, musik, dan lain-lain.
  • 💵 Platform ini menggunakan teknologi rollup OP Stack dari Optimism, untuk mengurangi beban dan biaya pada jaringan Ethereum.

Apa itu Zora Network?

Sumber: Zora

Apa itu Zora Network? Zora Network adalah blockchain Layer 2 Ethereum yang fokus untuk memfasilitasi NFT. Zora bertujuan untuk menyediakan infrastruktur yang lebih efisien, cepat, dan hemat biaya untuk berbagai aplikasi berbasis Web3 khususnya NFT.

Zora Network memiliki marketplace NFT bernama Zora. Ia menjadi platform untuk minting NFT dan memberikan kemudahan bagi seniman (pembuat film, podcasters, penulis, 3D artists, fotografer, pemusik) untuk menjual karyanya secara on-chain dengan biaya gas yang murah dan proses transaksi yang cepat.

Sebagai solusi Layer 2, Zora Network menggunakan teknologi rollup OP Stack dari Optimism Collective untuk menggabungkan banyak transaksi off-chain menjadi satu transaksi on-chain di Ethereum. Dengan demikian, hal ini akan mengurangi beban pada jaringan utama Ethereum dan menurunkan biaya gas.

Baca lebih lengkap tentang Optimism di artikel ini.

Dikutip dari Bankless, Zora Network pada dasarnya adalah “appchain”, sehingga ia difokuskan untuk melayani protokol pencetakan (minting) dan marketplace Zora NFT. Hal ini berarti bahwa alih-alih mencoba menarik berbagai proyek sosial DeFi, NFT, dan GameFi, sejauh ini, Zora Network secara khusus hanya berfokus pada penyederhanaan pencetakan NFT.

Appchain (application-specific blockchain) adalah blockchain yang dikembangkan dan dioptimalkan untuk menjalankan aplikasi tertentu atau serangkaian aplikasi yang memiliki persyaratan khusus.

Siapa pembuat Zora Network?

Zora Network didirikan oleh ex-karyawan Coinbase, Jacob Horne dan Dee Goens, pada tahun 2020. Sebelum mengembangkan Zora, Jacob Horne bekerja sebagai Product Manager di Coinbase, di mana ia bertanggung jawab atas pengembangan produk-produk crypto. Sementara itu, Dee Goens menjabat sebagai Marketing Manager di Coinbase. Ia menangani program kemitraan, media sosial, dan pemasaran influencer Coinbase.

Zora Network diluncurkan pada tahun 2023 dan memiliki native bridge yaitu https://bridge.zora.energy/.

Pada Mei 2022, Zora Network berhasil mengumpulkan $50 juta dalam sebuah putaran pendanaan yang dipimpin oleh Haun Ventures. Investor lainnya termasuk Coinbase Ventures, Kindred Ventures, dan beberapa lainnya.

Cara kerja Zora Network

Sumber: Zora

Zora Network bekerja sebagai blockchain L2 yang dibangun di atas Ethereum. Zora merupakan L2 khusus NFT pertama yang menggunakan OP Stack (Optimism). Dengan teknologi rollup dari Optimism, Zora Network dapat melakukan konfirmasi transaksi dalam hitungan detik, dan mencetak NFT dapat menghabiskan biaya kurang dari $0.50.

Selain cepat dan murah, Zora Network mewarisi semua mekanisme keamanan dasar Ethereum, termasuk algoritma konsensus yang kuat dan perlindungan terhadap serangan umum pada blockchain.

Keunggulan Zora Network

  • Transaksi yang cepat dan murah

Zora menyediakan transaksi NFT yang cepat dan murah. Ia memanfaatkan teknologi layer-2 untuk mengurangi biaya gas dan mempercepat waktu konfirmasi transaksi.

  • Decentralized marketplace

Zora memiliki marketplace NFT seperti OpenSea, yaitu https://zora.co/. Pengguna dapat melakukan jual beli NFT dengan biaya transaksi yang murah dan cepat.

Zora memfasilitasi pengguna yang ingin mencetak NFT dengan menyediakan Zora’s Creator Toolkit. Biaya minting sekitar 0.000777 ETH per NFT. Biaya ini kemudian akan dibagi kepada kreator, developer, dan pihak lainnya sebagai bagian dari hadiah protokol.

  • Keterlibatan Komunitas

Zora Network memfasilitasi keterlibatan komunitas di marketplace Zora. Zora menjadi tempat kreator dan kolektor dapat berinteraksi, berdagang, dan mendiskusikan NFT.

Pengguna juga dapat membeli NFT yang berada di Zora Network melalui OpenSea, karena platform OpenSea sudah kompatibel dengan Zora Network.

Potensi Zora Network

Saat ini, Zora Network belum memiliki token platformnya sendiri. Namun, Jacob Horne mengatakan pada wawancaranya dengan Bankless di Youtube, bahwa Zora akan meluncurkan tokennya yang berperan penting dalam desentralisasi jaringan.

Para pengguna crypto menganggap bahwa siapapun yang berinteraksi dengan Zora sejak awal dan mendukung proyek ini, kemungkinan akan memenuhi syarat untuk menerima airdrop token Zora. Cara mendapatkan airdrop Zora dengan melakukan bridge token di native bridge Zora, minting NFT, jual dan beli NFT, dan buat avatar di Zora.

Beberapa waktu lalu, Zora meluncurkan fitur yang memungkinkan kreator menggunakan AI untuk mencetak NFT di platformnya. Ini berarti kreator dapat mengetik apa yang mereka inginkan, menghasilkan gambar secara instan, dan mencetaknya di blockchain segera setelah itu.

Dalam marketplace Zora, ada beberapa token ERC-20 yang dapat diperdagangkan dan memberikan reward kepada kreator NFT. Mereka adalah CRASH, HIGHER, ENJOY, dan DEGEN. Selain itu, para kreator NFT juga dapat memberikan airdrop NFT-nya kepada pengguna lain secara langsung di Zora, asalkan NFT tersebut di-minting secara on-chain, bukan pre-mint.

Sumber: Dune

Dari grafik di atas, terlihat bahwa pengguna aktif Zora Network terus bertambah sejak diluncurkan, namun mengalami penurunan di April 2024. Biaya transaksi yang murah dan cepat menjadi daya tarik pengguna untuk bertransaksi di Zora.

Per Mei 2024, pengguna Zora Network hampir 180.000 dengan transaksi sebanyak lebih dari 36.000 kali. Banyaknya transaksi di Zora Network dipengaruhi oleh adanya rumor airdrop token Zora yang akan dibagikan kepada para pengguna awal.

Kesimpulan

Setelah mengetahui apa itu Zora Network, kita bisa menyimpulkan bahwa ia membedakan dirinya dengan L2 lainnya dengan berfokus pada optimasi NFT. Ia menawarkan infrastruktur yang efisien, cepat, dan hemat biaya untuk aplikasi Web3 khususnya NFT.

Potensi masa depan Zora Network dalam dunia NFT cukup besar. Dengan teknologi yang mendukung transaksi cepat dan biaya rendah, platform ini dapat menarik lebih banyak kreator dan pengguna NFT.

Selain itu, integrasi dengan AI dan kemampuan untuk memonetisasi konten digital melalui NFT membuka peluang baru bagi para kreator untuk menghasilkan pendapatan pasif. Hal ini menjadikan Zora sebagai salah satu pemain kunci dalam inovasi dan ekspansi pasar NFT.

Beli Aset Crypto di Pintu

Beli Bitcoin Sekarang!

Tertarik berinvestasi pada aset crypto? Tenang saja, kamu bisa membeli berbagai aset crypto seperti BTC, ETH, SOL, dan yang lainnya tanpa harus khawatir adanya penipuan melalui Pintu. Selain itu, semua aset crypto yang ada di Pintu sudah melewati proses penilaian yang ketat dan mengedepankan prinsip kehati-hatian.

Aplikasi Pintu juga kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu. Ayo download aplikasi Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Selain melakukan transaksi, di aplikasi Pintu, kamu juga bisa belajar crypto lebih lanjut melalui berbagai artikel Pintu Academy yang diperbarui setiap minggunya! Semua artikel Pintu Akademi dibuat untuk tujuan edukasi dan pengetahuan, bukan sebagai saran finansial.

Referensi

  1. Zora, About Zora, FAQ, diakses 28 Mei 2024.
  2. William M. Peaster, The Bankless Guide to Zora Network, Bankless, diakses 28 Mei 2024.
  3. Crouton Digital, Zora Possible Airdrop, Medium, diakses 28 Mei 2024.
  4. Sankrit K, Unlocking Digital Creativity: Guide to Zora and Zora Network, CoinGecko, diakses 28 Mei 2024.
Penulis:Ginisita Dofany

Bagikan