Unbound Fund: Jalur Baru Menuju Kewarganegaraan Uni Eropa dengan Investasi Bitcoin

Updated
July 29, 2024
Gambar Unbound Fund: Jalur Baru Menuju Kewarganegaraan Uni Eropa dengan Investasi Bitcoin

Jakarta, Pintu News – Unbound Fund, sebuah dana ekuitas swasta baru, menawarkan jalur inovatif bagi investor luar negeri untuk memperoleh kewarganegaraan Portugal dan Uni Eropa melalui investasi tidak langsung dalam Bitcoin.

Proyek ini, yang dipimpin oleh salah satu pendirinya dan CEO Alessandro Palombo, memanfaatkan program visa emas Portugal yang memungkinkan orang asing yang berinvestasi minimal €500.000 (sekitar $544.000) dalam perusahaan atau aset lokal untuk mendapatkan status residensi dan kewarganegaraan Uni Eropa tanpa harus tinggal di negara tersebut. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Menggabungkan Investasi Bitcoin dengan Visa Emas

Unbound Fund menyebut dirinya sebagai dana “Web3” pertama yang berpartisipasi dalam program visa emas Portugal. Program ini menjadi populer selama pandemi COVID-19, meskipun telah menimbulkan kekhawatiran tentang keamanan dan pencucian uang serta kritik karena meningkatkan harga perumahan.

Pada tahun 2023, pejabat Portugal mengumumkan rencana untuk menghapus program ini, namun kemudian memutuskan untuk melanjutkannya dengan mengecualikan investasi real estate.

Untuk mematuhi peraturan, Unbound Fund akan mentransfer investasi ke kendaraan tujuan khusus (SPV) domestik yang berada di bawah pengawasan manajer dana Green One Capital dan penasihat dana Unbound Capital.

Baca Juga: 73% Warga Eropa Optimis terhadap Crypto, Ini Hasil Surveinya!

SPV ini kemudian akan membeli saham ETF Bitcoin melalui BlackRock, daripada membeli dan menyimpan BTC secara langsung. Palombo menjelaskan bahwa keputusan ini dibuat karena faktor keamanan dan kesederhanaan.

Mekanisme dan Persyaratan Investasi

mica crypto uni eropa
Sumber: The Cryptonomist

Investor Unbound harus membeli saham senilai minimal €500.000 menggunakan mata uang fiat. Operasi dana ini akan diaudit secara independen, dan fluktuasi harga Bitcoin tidak akan mempengaruhi kelayakan visa emas investor, bahkan jika nilai investasi mereka turun di bawah €500.000.

Unbound Fund terdaftar sebagai dana ekuitas swasta dengan Komisi Pasar Sekuritas Portugal (CMVM) pada 24 Mei, meskipun saat ini terdaftar sebagai tidak aktif. Dana ini akan beroperasi di bawah pengawasan CMVM, tetapi kelayakan investasi dana tersebut untuk program visa emas akan ditentukan oleh otoritas yang berwenang, yaitu Badan Integrasi, Migrasi, dan Suaka Portugal (AIMA).

Baca Juga: Bank Sentral Eropa Umumkan Proyek CBDC: Apa Artinya untuk Masa Depan Keuangan Eropa?

Proses Aplikasi dan Manfaat

Proses visa emas Unbound Fund memerlukan bukti investasi dan pemeriksaan biometrik, serta persyaratan lain seperti rekam jejak kriminal yang bersih dan lulus tes bahasa dasar.

Pemegang visa emas Portugal harus memegang investasi mereka selama lima tahun untuk memenuhi syarat mendapatkan kewarganegaraan, selama periode tersebut mereka harus menghabiskan setidaknya 14 hari setiap dua tahun di negara tersebut.

Unbound Fund akan membantu investor dalam mengurus proses aplikasi visa emas, termasuk menyediakan pengacara imigrasi jika diperlukan. Palombo berharap Unbound akan menarik minat investor kripto ke Portugal dan menunjukkan potensi kripto untuk memfasilitasi “kebebasan bergerak” di seluruh dunia.

Kesimpulan

Unbound Fund menawarkan pendekatan baru yang menarik bagi investor yang ingin memperoleh kewarganegaraan Uni Eropa melalui investasi Bitcoin.

Dengan memanfaatkan program visa emas Portugal dan investasi dalam Bitcoin ETF, dana ini memberikan peluang unik bagi investor kripto untuk memperluas jangkauan mereka dan memanfaatkan keuntungan dari kewarganegaraan ganda.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->